Jumat 06 Januari 2023, 19:42 WIB

Widya Robotics Kenalkan Alat 'Quality Control' dengan Dukungan AI

mediaindonesia.com | Teknologi
Widya Robotics Kenalkan Alat

Ist/Ilustrasi.
Ilustrasi. Penggunaan Artificial Intelligence (AI) sudah menjadi solusi 'quality control' di perusahaan untuk mengecek produk mereka.

 

KECERDASAN buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang dipergunakan untuk membantu aktivitas maupun pekerjaan dengan cara kerja seperti otak manusia.

Secara singkat, dalam proses kerjanya input dimasukkan kemudian diprogram untuk menghasilkan output sesuai permintaan.

Di era serba 5.0 ini, AI dipercaya menjadi solusi unggulan dalam hampir semua lini kehidupan.

Saat ini, penggunaan AI sudah menjadi solusi quality control di beberapa perusahaan untuk mengecek produk mereka sebelum keluar ke pasar.

Perlu diketahui quality control dalam aspek produksi merupakan salah satu alokasi biaya yang paling tinggi dibandingkan dengan proses kerja lainnya.

Baik itu otomotif, kosmetik, elektronik, food and beverage, dan masih banyak lagi.

Kualitas dan hasil produksi menjadi prioritas bagi industri tersebut. Bila terjadi kesalahan atau ketidaktelitian dalam quality control, perusahaan tidak hanya akan mengalami kerugian material, akan tetapi juga kehilangan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Fujifilm Hadirkan Teknologi AI pada Industri Kesehatan

Sebagai contoh pada akhir November 2022 lalu, Honda resmi mengumumkan recall untuk 117.445 unit Honda Ridgelines yang beredar di pasar AS.

Alasan dilakukannya recall terhadap unit Honda ini disebabkan kabel di bagian pintu belakang berpotensi putus karena pintu yang sering dibuka tutup.

Pada kasus ini tentunya dapat ditilik bagaimana proses quality control menjadi penting bagi sebelum produk digunakan langsung oleh konsumen.

Widya Robotics sebagai perusahaan yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan kini tengah mengembangkan teknologi AI dalam menganalisa data visual sebagai solusi quality control industri.

Perusahaan ini memanfaatkan kamera CCTV, smartphone, dan berbagai jenis kamera lainnya sebagai media pengumpulan data.

Data-data yang didapat sendiri berupa data visual. Kemudian data-data ini akan menjadi acuan bagi AI untuk memproses parameter yang dibutuhkan.

AI yang kini dikembangkan oleh Widya Robotics ini disebut sebagai Vision Intelligence atau VI.

Pengembangan teknologi ini memanfaatkan AI Engine and Training Service yang ditujukan untuk mendukung efisiensi industri dan perusahaan.

Dalam hal quality control, VI dapat mendeteksi parameter-parameter khusus yang bisa dideteksi secara visual, contohnya pengecekan barang defect dan crack detection pada produksi barang tertentu.

Dengan data yang dikumpulkan sampai saat ini, VI ini sudah digunakan di beberapa sektor industri di Indonesia, seperti otomotif, konstruksi, agrikultur, dan manufaktur.

Selain quality control, VI milik Widya Robotics ini juga bisa digunakan untuk pengenalan wajah, presensi, penghitungan jumlah kendaraan, objek dan manusia,penghitungan kelapa sawit, dan pembaca plat nomor.

Salah satu sektor usaha yang sudah menggunakan layanan produk AI dari Widya Robotics yaitu pada sektor otomotif.

Alwy Herfian selaku CEO dari Widya Robotics mengungkapkan bahwa kini Widya Robotics telah menciptakan alat quality control untuk mengecek minor crack suku cadang kendaraan.

“VI dapat mendeteksi minor crack pada spare part kendaraan yang diproduksi. Sebelum masuk ke pasar, spare part akan melewati pemindaian dengan VI lewat kamera yang disediakan. Jika crack tidak terdeteksi, maka barang siap dipasarkan ke konsumen,” paparnya dalam keterangan, Jumat (6/1).

Alwy menambahkan, dI industri pertanian, VI mampu untuk mendeteksi penyakit dan hama pada tanaman.

Pengelola penyakit dan tanaman akan lebih cepat dalamperawatan tanaman. Kesuksesan pertanian akan meningkat serta memangkas waktu dan biaya.

Dengan kualitas yang terjamin, pelaku usaha maupun industri dapat menghindari kerugian akibat hama maupun penyakit tanaman lainnya.

Masih banyak yang bisa dilakukan oleh teknologi kecerdasan ini untuk mendeteksi hal yang belum pernah di training oleh AI sebelumnya.

Karena sifat Vision Intelligence ini sangat fleksibel dan customizable, maka Widya Robotics juga menyediakan layanan kustomisasi kecerdasan buatan sesuai kebutuhan industri client-nya.

 Teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan produktivitas berbagai jenis Industri.

Di tahun 2023 ini, Widya Robotics memiliki target dapat dikenal luas dan produknya diimplementasikan di berbagai sektor Industri di Indonesia.

Widya Robotics juga akan merambah sektor ekspor di tingkat internasional.

Diharapkan nantinya, Indonesia dapat dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai produk inovatif dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah produk kami mendukung visi tersebut. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK pribadi.

Inovasi Digital Airin Perkuat Ekosistem Logistik Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:45 WIB
Airin menawarkan sejumlah keunggulan dalam aplikasinya, antara lain fitur vessel tracking tanpa...
ANTARA

Kemenkominfo Gelar OOTD demi Indonesia Cakap Digital

👤Budi Ernanto 🕔Jumat 03 Februari 2023, 16:07 WIB
Literasi digital sangat penting karena Indonesia negara yang besar dengan masyarakat yang sangat banyak dan memiliki ratusan juta pengguna...
Ist

Dukung Perluasan Digitalisasi di Tanah Air, APJII dan AFPI Jalin Kerja Sama

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 14:47 WIB
"Saat ini sektor yang digeluti APJII dan AFPI terus mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Saat ini pertumbuhan akan internet...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya