Senin 01 Juni 2020, 05:00 WIB

Melawan Covid-19 dengan Nilai Pancasila

Administrator | Editorial

PERINGATAN hari lahir Pancasila pada hari ini berlangsung dalam suasana pandemi covid-19. Pancasila sebagai dasar filsafat dan pandangan hidup bangsa mestinya menjadi landasan kukuh kita sebagai bangsa keluar dari ancaman virus korona yang mematikan.

Tepat hari ini, 75 tahun yang lampau, Soekarno berpidato dalam rapat pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pidato Bung Karno itu kemudian resmi dinyatakan sebagai hari lahir Pancasila oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Dalam pidatonya, Bung Karno mengatakan Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah negara gotong royong. Dalam pandangan Soekarno, gotong royong ialah paham yang dinamis, lebih dinamis daripada kekeluargaan. “Gotong royong adalah pembanting tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.”

Nilai-nilai gotong royong yang dikobarkan Bung Karno itulah yang saat ini sangat dirasakan di tengah masyarakat. Ada perasaan senasib, sepenanggungan, dan kekeluargaan di kalangan masyarakat dalam upaya mempertahankan kehidupan bersama. Perasaan senasib itu diungkapkan lewat perbuatan nyata dengan membantu sesama.

Sejak pandemi covid-19 dinyatakan sebagai bencana nasional pada 13 April, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah sampai diberlakukan pembatasan sosial berskala besar. Intinya ialah bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah.

Masyarakat patut diberi apresiasi karena mematuhi seluruh kebijakan terkait dengan penanganan pandemi covid-19. Pada saat hari raya keagamaan, misalnya, masyarakat tetap beribadah di rumah.

Kepatuhan masyarakat iu berbuah hasil, proses tidak pernah mengkhianati hasil. Sebanyak 102 kabupaten/kota yang tersebar di 18 provinsi dinyatakan masuk zona hijau. Zona hijau berarti tidak ditemukan kasus penularan covid-19.

Pemerintah pusat membolehkan daerah-daerah itu untuk mulai membuka produktivitas sosial. Pembukaan produktivitas sosial di zona hijau harus dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan secara saksama protokol kesehatan, antara lain sering cuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Eloknya, sebelum membuka produktvitas sosial, pemerintah daerah mulai melakukan sosialisasi atas tatanan kenormalan baru. Ada tahapan prakondisi dengan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Benar bahwa jumlah kabupaten/kota yang masuk zona hijau itu baru mencapai 19,8% dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia. Pelajaran penting yang dipetik dari daerah zona hijau ialah tidak ada tawar-menawar soal kedisiplinan. Kedisiplinan warga itu diangkat menjadi berita utama harian ini, kemarin.

Harus tegas dikatakan bahwa keberhasilan dari penerapan produktivitas masyarakat aman covid-19 sangat bergantung pada kedisiplinan masyarakat. Karena itu, kesadaran kolektif dalam mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak perlu diperhatikan.

Lokomotif menggelorakan dan menggerakkan disiplin kolektif masyarakat ada pada kepala daerah dan seluruh pemimpin informal di daerah. Karena itu, perlu ada kolaborsi para pemimpin itu untuk terus-menerus mengingatkan masyarakat soal kedisiplinan.

Tidaklah berlebihan untuk mengatakan kedisiplinan itu sebagai bagian dari pengalaman Pancasila. Karena itulah, peringatan hari lahir Pancasila harus menjadi momentum demi memperkuat komitmen bangsa Indonesia untuk sungguh-sungguh mengimplementasikan Pancasila sebagai falsafah dan pendirian hidup bangsa. Termasuk komitmen meningkatkan kedisiplinan nasional melawan covid-19.

Selain meningkatkan kedisiplinan, peringatan hari lahir Pancasila mestinya dijadikan pula sebagai momentum mengibarkan semangat gotong royong. Itulah semangat kooperatif dan kolaboratif, berat sama dipikul ringan sama dijinjing, bukan yang satu untung dan yang lain buntung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

MI/DUTA

Gotong Royong Akselerasi Vaksinasi

👤Administrator 🕔Jumat 05 Maret 2021, 05:00 WIB
Hingga kemarin kapasitas vaksinasi dengan jumlah dosis yang diberikan baru sekitar 200 ribu per hari atau hanya 20% dari target nasional,...
MI/Duta

Pengkhianat di Ditjen Pajak

👤Administrator 🕔Kamis 04 Maret 2021, 05:00 WIB
KASUS korupsi kembali terungkap di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian...
MI.Seno

Moral Bangsa di Atas Investasi

👤Administrator 🕔Rabu 03 Maret 2021, 05:00 WIB
Betul bahwa kemudahan usaha menjadi dambaan semua pihak. Betul pula jika kemudahan usaha harus memberi keadilan. Dua hal yang tentunya bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya