Kamis 19 Januari 2023, 21:51 WIB

Semua Legislator DKI yang Ruangannya Digeledah KPK Berpotensi Diperiksa

Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum
Semua Legislator DKI yang Ruangannya Digeledah KPK Berpotensi Diperiksa

Antara
Jubir KPK Ali Fikri

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang memeriksa seluruh legislator DKI Jakarta yang ruangannya digeledah penyidik pada Selasa, 17 Januari 2023. Salah satunya yakni Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

"Pasti KPK akan memanggil siapapun dalam kapasitas bahwa ketika analisis kami yang bersangkutan patut diduga mengetahui rangkaian perbuatan tersangka," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, hari ini.

Ali menjelaskan penyidik kini tengah mengaitkan barang bukti dengan kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Pulo Gebang, Jakarta Timur. Setelahnya, KPK mulai memanggil saksi untuk dimintai keterangan.

"Prosesnya kan ketika menggeledah menganalisis menyita dan mengkonfirmasi dengan memanggil saksi-saksi yang relevan untuk membuktikan perbuatan para tersangka termasuk barang bukti yang ditemukan," ucap Ali.

Terbaru, anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Cinta Mega membenarkan ruang kerjanya digeledah KPK pada Selasa sore, 17 Januari 2023. Lembaga Antirasuah disebut mencari dokumen pada 2018.

Baca juga:

"Iya mencari data-data dokumen pembahasan lalu yang diambil data yang ada di Komisi C," ujar Cinta kepada awak media, Rabu, 18 Januari 2023.

Cinta mengatakan sebagai anggota dewan tidak mengetahui soal belanja dinas. Ia hanya menetapkan pagu anggaran untuk dinas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

Ruang Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta dipastikan tidak ikut digeledah KPK. Fraksi NasDem menempati ruang kerja di lantai 5.

"Setahu saya tidak. Hanya beberapa ruangan di DPRD," ujar Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino, saat dikonfirmasi, Rabu, 18 Januari 2023.

Wibi mengaku tidak mengetahui ruang dan lantai di Gedung DPRD DKI yang digeledah oleh Lembaga Antirasuah. Wibi juga mengaku tidak mengetahui kasus korupsi yang tengah didalami KPK terkait pengadaan tanah di Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. (OL-4)

Baca Juga

MI/HO

KUHP Baru Wujud Nilai Ke-Indonesia-an dalam Wajah Hukum Pidana

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:15 WIB
KEBERHASILAN Pemerintah dan DPR menyusun dan mengundangkan KUHP baru merupakan prestasi yang layak dicatat dengan tinta emas dalam sejarah...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Ini Arti Semboyan TNI AL, Jalesveva Jayamahe

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:15 WIB
Jalesveva Jayamahe merupakan kata yang diambil dari bahasa Sansekerta, yang terdiri dari tiga jumlah kata, yaitu jalesu, eva, dan...
MI/Susanto

Terkait Kasasi Kasus Indosurya, KSP Ingatkan MA soal Nasib Korban Investasi Bodong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 03:36 WIB
"Kita mengimbau rasa keadilan di masyarakat itu harus dilihat secara komperhensif supaya keadilan bisa dirasakan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya