Kamis 23 Desember 2021, 21:51 WIB

Tuntut Mati Heru Hidayat, Kejagung Serahkan Putusan ke Hakim

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Tuntut Mati Heru Hidayat, Kejagung Serahkan Putusan ke Hakim

MI/Agus Mulyawan
Gedung Kejaksaan Agung RI

 

USAI menuntut mati Heru Hidayat, terdakwa kasus korupsi dan pencucian uang PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI), Kejaksaan Agung menyerahkan semua putusan ke tangan majelis hakim.

Direktur Penuntutan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejagung Sudarwidadi menyebut domain untuk memutus sebuah perkara ada pada hakim. Saat ditanya apakah optimistis tuntutannya dikabulkan majelis hakim, ia tidak bisa memastikannya.

"Ya kita enggak tahu juga, domainnya hakim kan kalau putusan nanti. Itu kewenangan hakim. Kita kan enggak bisa memaksa mereka," kata Sudarwidadi saat ditemui di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta, Kamis (23/12).

Sudarwidadi sendiri mengatakan, pihaknya yakin bahwa Heru layak dituntut mati. "Tapi soal putusan kan belum tentu sama," tandasnya.

Sebelumnya, jaksa penuntut umum telah membacakan tuntutan kepada Heru pada Senin (6/12) lalu. Jaksa meyakini bahwa Heru telah melakukan pengulangan pidana. Selain karena sebelumnya terlibat dalam skandal korupsi PT Asuransi Jiwasraya, kejahatan yang dilakukan Heru di kasus ASABRI juga dilakukan secara berulang sejak 2012 sampai 2019.

Pengulangan yang dimaksud adalah melakukan pembelian dan penjualan saham yang mengakibatkan kerugian bagi ASABRI. Diketahui, kerugian keuangan negara dalam kasus ASABRI mencapai Rp22,788 triliun. Adapun atribusi keuntungan yang dinikmati oleh Heru mencapai lebih dari setengahnya, yakni Rp12,643 triliun. (OL-13)

Baca Juga: Diduga Suap Polisi, Advokat Iming Patut Dilaporkan ke KPK

Baca Juga

ANTARA/HO/Kementerian Kominfo

Menkominfo Ajak Jaga Kedaulatan Digital di Momen HUT ke-77 RI

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 15:10 WIB
Menurut Johnny kedaulatan digital dan data menjadi penting agar pergerakan nilai dan arus data baik secara nasional maupun global dapat...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Menpan RB baru Akan Dilantik Bulan ini di IKN Nusantara

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:39 WIB
Heru mengatakan belum ada pelantikan menteri baru pengganti Tjahjo Kumolo itu karena jadwal Presiden Jokowi cukup...
ANTARA/Wuryanti Puspitasari.

Menko PMK Pimpin Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Milik Abu Bakar Ba'asyir

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:33 WIB
Sementara itu, sebelumnya Sekretaris Kemenko PMK Y.B Satya Sananugraha menjelaskan, para personel upacara terdiri atas para ustaz dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya