Rabu 11 Mei 2022, 10:16 WIB

Terima Megawati, Presiden Baru Korsel Bahas Persahabatan dengan Indonesia

Cahya Mulyana | Internasional
Terima Megawati, Presiden Baru Korsel Bahas Persahabatan dengan Indonesia

MI/Dok PDIP
Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

 

PRESIDEN Korea Selatan (Korsel), yang baru saja dilantik,Yoon Suk Yeol melakukan pertemuan dengan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri di Istana Kepresidenan Korsel di Seoul, Rabu (11/5) pagi waktu setempat.

Megawati hadir di Istana Kepresidenan Korsel untuk mengikuti prosesi pelantikan Yoon Suk Seol sebagai presiden Korsel menggantikan Moon Jae In. 

Megawati didampingi Dubes RI di Korsel Gandi Sulistyanto, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, dan Direktur Hubungan Luar Negeri DPP PDIP Hanjaya Setiawan.

Baca juga: Dilantik, Presiden Korsel Desak Korut Lucuti Senjata Nuklir

Sejak sekitar pukul 9.45 waktu setempat, Megawati sampai di kompleks istana kepresidenan Korsel di Seoul. Megawati pun ditemui Presiden Yoon, yang kemudian menemaninya mengisi buku tamu.

Di buku tamu itu, Megawati menuliskan, "Semoga persahabatan antara Republik Indonesia dengan Republik Korea Selatan semakin erat selamanya. Salam hangat, Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia."

Megawati kemudian digandeng Presiden Yoon untuk berfoto di hadapan wartawan. Selanjutnya, keduanya pun berjalan bergandengan menuju ruang pertemuan. Megawati duduk di sisi kanan dan Presiden Yoon di sisi kiri.

“Suatu kemuliaan bagi saya bisa bertemu dengan Ibu Megawati yang telah lama memberikan kontribusi dalam peningkatan perdamaian di Semenanjung Korea,” kata Presiden Yoon dalam keterangan resmi, Rabu (11/5).

Presiden Yoon mengatakan Megawati telah lama menjalin tali silaturahmi yang sangat erat dengan Korsel. Dirinya berharap agar Megawati senantiasa berkenan memberikan perhatian dan dukungan kepada Korsel.

Lebih lanjut, Presiden Yoon mengatakan Korsel dan Indonesia sama-sama telah melewati perjalanan sejarah yang berliku dan berhasil meraih demokrasi serta mencapai perkembangan ekonomi. Pengalaman kedua negara tersebut menjadi bagian penting dalam membangun kerja sama yang spesial antara kedua negara.

“Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang menjadi mitra khusus atau special partner bagi Korsel. Selama setengah abad ini, Indonesia dan Korsel melakukan loncatan besar di bidang kerjasama,” ujar Presiden Yoon.

Dan tahun ini, lanjutnya, Indonesia menjadi presidensi di G-20. Pada tahun depan, Indonesia memegang keketuaan KTT Asean.

“Terkait dengan dua hal tersebut, kami berharap Indonesia terus menerus dapat menunjukkan kepemimpinannya juga memberikan dukungan dan perhatian kepada Korea Selatan,” kata Presiden Yoon.

Menanggapi hal itu, Megawati lalu menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Presiden Yoon. Megawati pun menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Pada kesempatan yang sangat baik ini, saya pribadi dan keluarga, atas nama Presiden Joko Widodo, sekali lagi ingin menyampaikan selamat atas terpilihnya Anda menjadi presiden ke-20 Korea Selatan,” kata Megawati.

Ucapan Megawati itu langsung dibalas Presiden Yoon. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo.”

Megawati lalu bercerita bahwa dirinya ke Korsel atas izin Presiden Jokowi.

“Beliau mengatakan secara pribadi untuk menyampaikan salam hormat saya dan tolong sampaikan undangan pada suatu saat nanti (Presiden Yoon) dapat berkunjung ke Indonesia,” kata Megawati.

Merespons hal itu, Presiden Yoon kembali menyampaikan ungkapan terima kasihnya untuk Jokowi.

“Saya sangat berterima kasih dan mohon sampaikan rasa terima kasih saya kepada Pak Presiden (Jokowi),” kata Presiden Yoon.

Usai pertemuan, Presiden Yoon mengantar Megawati hingga ke dalam mobil. Mereka tampak berbincang-bincang sampai akhirnya Megawati memasuki mobil. (OL-1)

Baca Juga

AFP/SAUL LOEB

Berjanji Bela Taiwan, Biden Picu Kemarahan Tiongkok

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 24 Mei 2022, 11:25 WIB
Biden membandingkan ancaman Tiongkok terhadap Taiwan dengan invasi Rusia ke Ukraina, pernyataan terkerasnya terkait konflik Tiongkok dan...
 Brian W.J. Mahy / Centers for Disease Control and Prevention / AFP

Joe Biden Waspadai Penyebaran Cacar Monyet

👤Joe Biden Waspadai Penyebaran Cacar Monyet 🕔Selasa 24 Mei 2022, 10:40 WIB
Presiden AS Joe Biden mewaspadai cacar monyet dan mengajak dunia mencegahnya bersama-sama. Ia mengkhawatirkan penyakit ini menjadi...
dok.AFP

AS Sebut 20 Negara Tawarkan Paket Senjata Bantu Ukraina Lawan Rusia

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 24 Mei 2022, 10:10 WIB
MENTERI Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bahwa sekitar 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan baru bagi Ukraina untuk memerangi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya