Jumat 01 April 2022, 09:15 WIB

Duta FFI 2022 Bicara Soal Sineas Perempuan

Basuki Eka Purnama | Hiburan
Duta FFI 2022 Bicara Soal Sineas Perempuan

Antara/FFI
Duta FFI 2022 Prilly Latuconsina, Cut Mini, Marsha Tmothy, dan Shenina Cinnamon

 

DUTA Festival Film Indonesia (FFI) 2022 yaitu Cut Mini, Marsha Timothy, Shenina Cinnamon, dan Prilly Latuconsina membagi pendapat mereka tentang potret perempuan di perfilman Indonesia.

"Sejak dulu, perempuan sudah berperan di film Indonesia. Banyak seniman perempuan yang telah membawa nama Indonesia ke luar. Perempuan bukan sekadar pemanis, tapi memiliki andil di perfilman dan bidang lainnya," kata Cut Mini dalam jumpa pers FFI 2022, dikutip Jumat (1/4).

Bagi Cut Mini, sineas perempuan mampu membawa dan membuat karya dari hati, yang dipertontonkan untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan tradisi-tradisinya, dicurahkan ke film dan karya yang baik.

Baca juga: Laut Memanggilku: Afeksi dari yang Artifisial

"Banyak artis Indonesia yang namanya semakin dikenal di luar negeri dan menghasilkan karya yang baik. Perempuan Indonesia adalah kebanggaan perempuan Indonesia, bangsa Indonesia, dan perfilman Indonesia," tambahnya.

Di sisi lain, Marsha Timothy menyinggung pentingnya ruang aman bagi para pekerja film perempuan.

"Ruang aman bagi perempuan di perfilman Indonesia seharusnya adalah seperti layaknya sahabat sejati. Mampu mendengarkan, berbagi rasa tanpa ada ketakutan untuk dihakimi, dan memberikan solusi jika diminta... Ruang aman ini harus makin digalakkan di ruang film Indonesia," kata Marsha.

Senada dengan Cut Mini dan Marsha Timothy, Shenina Cinnamon mengatakan bekerja dengan sesama wanita menciptakan ruang kerja dan kreatif yang lebih nyaman dan aman.

Prilly Latuconsina menambahkan, pekerja film perempuan di Indonesia memberikan andil besar dan memiliki kemampuan untuk memimpin suatu produksi film.

"Di industri film, perempuan memberikan andil besar. Mereka berani berkarya, memimpin suatu produksi yang karyanya kemudian mampu menjadi pionir, menginspirasi generasi muda untuk berani berkarya dan berdampak," kata Prilly.

Sementara itu, Komite FFI 2021-2023 meluncurkan Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2022 dengan mengusung tema Perempuan: Citra, Karya & Karsa untuk mengapresiasi andil besar perempuan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia.

Malam Anugerah FFI tahun ini diadakan pada 22 November 2022. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Dok. Uniqlo

Desain Terbaru T-Shirt Amal UT Peace For All Diluncurkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:32 WIB
Seperti koleksi sebelumnya, donasi yang terkumpul dari proyek T-shirt Amal Peace For All di Indonesia akan dialokasikan untuk Save the...
Ist

Hadirkan Aktor Korea Song Joong-Ki, Launching Produk Scarlett Raih MURI  

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:57 WIB
Aktor drama Korea, Song Joong-Ki, menyampaikan apresiasinya bagi ratusan fans yang telah mengantre demi mengikuti Meet & Greet di...
DOK Marvel.

The Marvels bersama Park Seo Joon Tayang Juli 2023

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:50 WIB
The Marvels ialah sekuel mendatang dari Captain Marvel yang dibintangi Park Seo Joon juga Brie Larson dan masih banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya