Minggu 06 Desember 2020, 12:55 WIB

40% Sineas Perempuan Masuk Nominasi, FFI 2020 Cetak Sejarah Baru

Zubaedah Hanum | Humaniora
40% Sineas Perempuan Masuk Nominasi, FFI 2020 Cetak Sejarah Baru

Antara
Para sineas film Perempuan Tanah Jahanam berpose usai memenangkan kategori Film Terbaik pada Festival Film Indonesia (FFI) 2020.

 

PENYELENGGARAAN Festival Film Indonesia (FFI) 2020 menorehkan sejarah baru. Untuk pertama kalinya jumlah sineas perempuan yang masuk menjadi nominee di malam anugerah Piala Citra itu mencapai 40%.
 
"Ini peningkatan luar biasa dan menjadi catatan membanggakan, dari 109 nominasi, sebanyak 45 orang atau 40 persennya pekerja film perempuan (sineas perempuan)," ujar Komite Seleksi dan Penjurian FFI 2020, Nia Dinata di Jakarta Convention Center (JCC) dalam konferensi pers FFI 2020, Sabtu, 5 Desember 2020 malam.
 
Baginya, hal ini menjadi catatan yang membanggakan. Cukup besarnya nominasi perempuan, merupakan bukti nyata jika perempuan telah menjadi wajah film Indonesia.

Capaian keterwakilan gender yang mencapai angka 40 persen itu bahkan disebut Nia sudah sangat baik. Bahkan dia mengaku jika angka tersebut telah mengalahkan industri perfilman luar negeri.
 
"Jadi, ada 45 orang nominee pembuat film perempuan baik itu dari editing, penata sinematografi. Bahkan di nominasi pembuat film dokumenter 90 persen itu perempuan. Pembuat film pendek, 80 persen perempuan. Penata rias, produser, juga banyak dari perempuan," sambungnya.
 
Dia menambahkan, fenomena ini sekaligus isyarat jika dunia film sangat terbuka untuk semua gender. Siapapun dapat berkarya di dunia film Tanah Air.
 
"Ini adalah pencapaian yang sangat baik bagi industri perfilman. Representasi perempuan yang sudah makin meningkat jadi bukti bahwa semua punya kesempatan yang sama untuk berkarya di industri film," paparnya. (Medcom.id/H-2)

Baca Juga

Ist

Universitas Pancasila Kembangkan Wisata Agro-Heritage di Kampung Wisata, Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 09:24 WIB
Tim Universitas Pancasila (UP) melakukan penguatan produk wisata berbasis masyarakat di Lembur Sawah dengan mengembangkan jalur wisata...
Antara

BMKG: Sebagian Kota Berpotensi Hujan Lebat, Jakarta Kategori Waspada

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 09:00 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di beberapa kota dan...
Ilustrasi

Toksikolog Beberkan Beda Serta Dampak Nikotin dan TAR

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 08:36 WIB
Bagi para perokok, istilah nikotin maupun TAR (total aerosol residue) tentunya tidak asing karena dua zat itu tercantum pada kemasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya