Kamis 08 Desember 2022, 20:12 WIB

Hakim Agung Gazalba Saleh Ditahan KPK

Arbida Nila Hastika | Politik dan Hukum
Hakim Agung Gazalba Saleh Ditahan KPK

MI/Susanto
Tersangka hakim agung Gazalba Saleh (tengah)

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) menahan Hakim Agung Gazalba Saleh dalam 20 hari ke depan. Gazalba merupakan tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA).

Gazalba telah turun dari ruang pemeriksaan pukul 17:05 WIB. Dengan mengenakan rompi tahanan berwarna oranye dan borgol di tangan. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menyatakan bahwa Hakim Agung Gazalba Saleh akan ditahan untuk 20 hari pertama.

“Untuk kepentingan proses penyidikan tersangka GS dilakukan penahanan oleh tim penyidok kpk selama 20 hari pertama yang mulai pada 8 Desember sampai dengan 27 Desember 2022 di rutan KPK pada Pomdam jaya guntur,” ucap Tanak.

Baca juga: Hakim: Ada Pihak Lain yang Layak Bertanggung Jawab dalam Peristiwa Paniai

Sebelumnya, Hakim Agung Gazalba Saleh tadi tiba di Gedung KPK pukul 09:50 WIB menggunakan kemeja warna biru dengan jaket warna coklat muda. Ini merupakan pemanggilan kedua untuk Gazalba, setelah sebelumnya mangkir dari pemanggilan pertama pada Senin (28 November 2022).

Penetapan Gazalba sebagai tersangka karena diduga dijanjikan uang SGD202 ribu terkait pengurusan kasasi pidana terhadap Pengurus KSP Intidana Budiman Gandi Suparman. Uang itu berasal dari Pengacara Yosep Parera dan Eko Suparno yang merupakan suruhan Debitur KSP Intidana Heryanto Tanaka.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal L

Jaksa Tolak Pledoi Hendra Lantaran Hanya Berisi Perjalanan Hidup dan Karir

👤Khoerun Nadif R 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
, Jaksa pun mengambil sikap untuk tidak menanggapi nota pembelaan oleh pihak Hendra lantaran  tidak masuk dengan perkara obstruction...
dok.mi

Pakar Hukum: Sah-sah Saja Jaksa Tuntut Eliezeer 12 Tahun

👤Selamat Saragih 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:27 WIB
PAKAR hukum pidana, Prof Hibnu Nugroho, mengatakan, sah-sah saja jika ada pandangan lain soal "justice collaborator" dari JPU...
AFP

Presiden: Tidak hanya Bebas, Pers juga Harus Bertanggung Jawab

👤Abdhika Prasetyo 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:15 WIB
Presiden Joko Wododo mengamanatkan Dewan Pers untuk menyosialisasikan kepada seluruh media di Indonesia akan pentingnya kerja jurnalistik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya