Jumat 11 November 2022, 20:16 WIB

Hakim Agung Gazalba Saleh jadi Tersangka, LHKPN Mencapai Rp7,8 Miliar

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
Hakim Agung Gazalba Saleh jadi Tersangka, LHKPN Mencapai Rp7,8 Miliar

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Hakim Agung Gazalba Saleh berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK usai pemeriksaan di Jakarta, Kamis (27/10)

 

HAKIM Agung Gazalba Saleh ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan rasuah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia tercatat memiliki harta Rp7.882.108.961.

Data itu termuat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Gazalba yang dilaporkan ke KPK. Laporan itu dia sampaikan pada 21 Januari 2022 untuk periodik 2021.

"Dilaporkan pada bidang yudikatif, pada lembaga Mahkamah Agung (MA), unit kerja kamar pidana. Jabatan, hakim agung," tulis laman tulis laman resmi elhkpn.kpk.go.id dikutip Jumat, 11 November 2022.

Kekayaan Gazalba terdiri dari tanah dan bangunan serta alat transportasi. Nilai tanah dan bangunan sebesar Rp5,2 miliar.

"Tanah dan bangunan di Bekasi, Bandung, dan Surabaya," tulis laman elhkpn.

Baca juga: KPK periksa Hakim Agung Gazalba Saleh

Sedangkan alat transportasi, Gazalba memiliki mobil Toyota Avanza minibus 2015 senilai Rp120 juta. Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp260.600.000; serta kas dan setara kas sejumlah Rp2.301.508.961.

Gazalba Saleh diduga kuat telah ditetapkan tersangka. Namun, KPK enggan memerinci identitas tersangka baru yang tengah diproses hukum itu. Pengumuman baru dilakukan saat penahanan.

"Kami akan umumkan pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka pada saatnya nanti ketika penyidikan ini cukup," ujar juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, kemarin.

Juru bicara MA Andi Samsan Nganro membenarkan adanya tersangka kasus dugaan korupsi di KPK. Ia menyebut inisial GZ yang merujuk pada Gazalba Saleh.

"Sehubungan dengan ditetapkannya GZ sebagai tersangka tentu KPK yang lebih mengetahui," kata Andi melalui keterangan tertulis.

Gazalba Saleh sudah pernah diperiksa KPK pada Kamis (27/10) sebagai saksi untuk tersangka Hakim Agung nonaktif Sudrajad Dimyati (SD) dan kawan-kawan.

Pemeriksaan terhadap Gazalba saat itu, merupakan penjadwalan ulang setelah ia tidak menghadiri panggilan pada Kamis (13/10). Usai diperiksa, Gazalba memilih irit bicara mengenai pemeriksaannya tersebut. "Tanyakan sama penyidik ya," kata Gazalba usai diperiksa.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA

Ditangkap di Jatim, Bupati Bangkalan Tiba di Gedung KPK Malam Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:25 WIB
Sebelumnya, KPK memeriksa telah memeriksa para tersangka tersebut di Gedung Polda Jatim, Rabu (7/12)...
Antara

Saksi Sebut Kelangkaan Minyak Goreng Akibat Minim Instrumen Kontrol HET

👤MGN 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:39 WIB
Lukita mengatakan kebijakan HET bisa menghentikan kelangkaan jika dibarengi dengan pengawasan yang...
AFP/Romeo GACAD

Umar Patek Akhirnya Bebas Bersyarat

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:23 WIB
Pembebasan bersyarat kepada Umar Patek telah direkomendasikan Badan Nasional Penangulangan Teroris (BNPT) dan Detasemen Khusus (Densus) 88...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya