Selasa 26 Juli 2022, 10:21 WIB

Ajudan Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Komnas HAM

Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum
Ajudan Ferdy Sambo Penuhi Panggilan Komnas HAM

Medcom/Theofilus Ifan Sucipto
Sejumlah orang yang diduga ajudan Irjen Ferdy Sambo tiba di Komnas HAM.

 

SEJUMLAH orang yang diduga ajudan Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo tiba di kantor Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Mereka hendak diperiksa terkait baku tembak antara Brigadir Yosua (J) dengan Bhayangkara Dua (Bharada) RE atau E.

Pantauan di lapangan, satu orang yang diduga ajudan Ferdy tiba lebih dulu sekitar pukul 09.15 WIB. Lalu rombongan lainnya tiba sekitar pukul 09.57 WIB.

Sejumlah orang itu kompak menggunakan pakaian berwarna putih. Mereka tidak menyampaikan pernyataan dan langsung naik ke kantor Komnas HAM.

Baca juga: 330 Personel Polda Jambi akan Amankan Autopsi Ulang Brigadir J

Pemeriksaan ini adalah rangkaian upaya Komnas HAM membuat kasus terang-benderang. Sebelumnya, Komnas HAM telah memeriksa Polri, Senin (25/7).

"Saya bersama Kadiv Humas Polri dan tim forensik hadir memenuhi undangan dari Komnas HAM, yang diagendakan dijadwalkan pada pukul 13.00," kata Inspektur Pengawas Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto di Gedung Komnas HAM, Jakarta, Senin (25/7).

Brigadir J terlibat baku tembak dengan Bhayangkara Dua (Bharada) RE atau E di rumah Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan. Brigadir J yang merupakan sopir istri Sambo ditembak hingga tewas oleh Bharada RE.

Penembakan diduga karena Brigadir J melakukan pelecehan seksual dan penodongan senjata api kepada istri Sambo. Namun, versi keluarga Brigadir J tewas akibat penyiksaan. Brigadir J disebut disiksa dalam perjalanan dari Magelang ke Jakarta.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri, kemarin. Langkah tersebut dilakukan buntut kasus penembakan antarpolisi di kediaman Irjen Ferdy Sambo.
 
"Saya putuskan bahwa mulai malam ini jabatan Irjen Ferdy Sambo untuk sementara dinonaktifkan," kata Kapolri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 18 Juli 2022. (OL-1)

Baca Juga

Ist/BPIP

Calon Paskibraka 2022 Terus Digembleng dengan Asuhan BPIP

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 10:07 WIB
Para calon Paskibraka yang berasal dari 34 provinsi itu menggelar Gladi Kotor (Glator) pertama di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu,...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KPK Pastikan belum Terkendala Usai Ditinggal Lili Pintauli

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:15 WIB
Nawawi mengatakan pihaknya tidak bisa mengintervensi pemerintah maupun DPR soal pergantian Lili. KPK tidak bisa mencampuri urusan...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

KPK Pantau Kelanjutan Pengusutan TPPU Setnov di Bareskrim

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 09:00 WIB
Nawawi mengatakan pihaknya punya kewenangan memantau kasus itu. KPK juga punya kewenangan membantu atau mengambil perkara itu dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya