Senin 10 Mei 2021, 12:00 WIB

Bupati Nganjuk Kena OTT, Kemendagri Tugaskan Gubernur Tunjuk Plt

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Bupati Nganjuk Kena OTT, Kemendagri Tugaskan Gubernur Tunjuk Plt

MI/Heri Susetyo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

 

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) telah meminta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk menunjuk pelaksana tugas (Plt) untuk mengisi jabatan sementara Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat yang baru saja terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami sudah minta agar Gubernur menugaskan Wakil Bupati Marhaen Djumadi sebagai Plt Bupati," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Akmal Malik ketika dihubungi, Senin (10/5).

Ia menegaskan hal itu agar pelayanan publik tetap berjalan meskipun Bupati Nganjuk, sebagai kepala daerah, tengah menjalani proses hukum.

Baca juga: Ruangan BKD Nganjuk Disegel

Berdasarkan Undang-Undang No 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, kepala daerah akan diberhentikan sementara (nonaktif) dari jabatannya dan diisi wakilnya sebagai pelaksana tugas saat tersandung kasus hukum.

Dalam UU Pemda juga diatur pemberhentian kepala daerah yang terlibat kasus korupsi.

Jika terbukti melakukan tindak pidana korupsi berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan tanpa melalui usulan DPRD.

KPK dilaporkan menangkap Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat diduga terkait lelang jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.Ghufron.

Saat ini, Bupati Nganjuk sedang menjalani pemeriksaan. Sesuai Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang ditangkap tersebut. (OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Puskapol UI: NasDem Harus Bentuk Koalisi Sebelum Berkonvensi

👤Andhika Prasetyo 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:59 WIB
Hampir dapat dipastikan, parpol yang dipimpin Surya Paloh itu harus berkoalisi dengan partai lain dalam kontestasi pemilihan...
ANTARA/Reno Esnir

Ini Alasan Munculnya Pertanyaan Pancasila atau Al Quran di TWK

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 20 Juni 2021, 12:29 WIB
Para asesor akan melihat respons dari peserta tes wawasan kebangsaan yang ditanyakan perihal memilih Pancasila atau Al...
Ist

Mendagri Apresiasi Rakernas XIII Apkasi Turut Pulihkan Ekonomi Bali

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 11:48 WIB
Mendagri Tito Karnavian mendukung program working form Bali dalam rangka upaya pemulihan Bali yang kita tahu terdampak cukup parah akibat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya