Rabu 04 Agustus 2021, 19:35 WIB

Polri: 5 Saksi Telah Diperiksa Terkait Dana Hibah Rp2 T Akidi Tio

Hilda Julaika | Nusantara
Polri: 5 Saksi Telah Diperiksa Terkait Dana Hibah Rp2 T Akidi Tio

MI/Dwi Apriani
Heriyanty Tio anak dari Akidi Tio (Kedua dari kanan) saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Kapolda Sumatera Selatan.

 

KEPALA Divisi Humas Polri Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan tim penyidik dari Polda Sumatra Selatan (Sumsel) sudah memeriksa 5 orang saksi terkait dana hibah Rp2 triliun dari pengusaha Akidi Tio.

Kelimanya terdiri dari Heriyanty Tio anak dari Akidi Tio, Hardi Darmawan yang merupakan dokter pribadi keluarga, dan sisanya adalah sodara dari Heriyanty Tio yang lainnya.

"Penyidik sedang bekerja, sudah meminta keterangan kepada 5 orang sementara ini. Yaitu kepada yang bersangkutan Bu Heriyanty, lalu Pak Darmawan itu, mungkin dengan teman-teman sodaranya yang lain yang mengetahui. Dan nanti ada juga ahli kami mintak keterangan di sana untuk prosesnya oleh penyidik," kata Argo kepada awak media, Rabu (4/8).

Lebih lanjut dijelaskan, keluarga Almarhum Akidi Tio melalui anaknya atas nama Heriyanty menyampaikan akan memberikan dana sumbangan sebesar Rp2 triliun untuk penanganan covid di Sumatra Selatan.

Baca juga: PPATK Sudah Curiga Sejak Awal Profil Keluarga Akidi Tio

Kemudian pada tanggal 29 Juli yang bersangkutan memberikan Bilyet Giro ke Polda Sumsel yang jatuh temponya ada tanggal 2 agustus 2021. Bilyet Giro tersebut pun di-clearing oleh penyidik ke bank dengan yang bersangkuyan. Proses clearing ini dilakukan untuk mengambil dana tersebut.

"Ternyata dari bank itu memberikan keterangan bahwa saldo tidak mencukupi. Dan kemudian, penyidik dengan adanya saldo tak mencukupi tentunya penyidik melakukan penyelidikan terhadap peristiwa ini," ungkapnya.

"Dan kemudian nanti penyidik akan mencari apakah motifnya dan apakah maksudnya kepada yang terkait untuk menyumbang penanganan covid di Sumsel," tutupnya. (Ant/OL-4)

Baca Juga

Antara

Pemkab Garut Siapkan Kompensasi Peternak yang Terdampak PMK

👤Kristiadi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:59 WIB
Hingga saat ini, terdapat 3.425 ekor ternak bergejala PMK, yang tersebar di 21 kecamatan wilayah Garut. Pemkab terus melakukan pendataan...
Antara

Sleman Mulai Vaksinasi PMK untuk Sapi Perah 

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:46 WIB
Adapun vaksinasi PMK diprioritaskan untuk sapi perah. Pasalnya, masa hidup sapi perah lebih lama daripada sapi potong. Serta, menghasilkan...
Medcom.id/Fajri Fatmawati

Surya Paloh Akan Resmikan Kantor Baru NasDem Aceh Termegah di Sumatera

👤Fajri Fatmawati 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 19:25 WIB
Kantor baru NasDem tersebut selain menjadi tempat pengurus dan kader menjalankan roda organisasi, juga menjadi gedung yang terbuka dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya