Minggu 08 Agustus 2021, 13:36 WIB

PPATK tidak Ditemukan Uang Rp2 Trilun Milik Akidi Tio di Singapura

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
PPATK tidak Ditemukan Uang Rp2 Trilun Milik Akidi Tio di Singapura

Dok. Polda Sumsel
Bantuan hoaks

 

PUSAT Pelaporan dan Analisasi Transaksi Keuangan (PPATK) telah menelusuri rekam jejak keuangan milik keluarga besar almarhum Akidi Tio hingga Singapura. Hal ini guna memastikan keberadaan uang Rp2 triliun yang rencanannya akan disumbangkan dalam penanganan covid-19.

Kepala PPATK Dian Ediana Rae menjelaskan pihaknya memiliki instrumen untuk melacak transkasi keuangan dari luar ke dalam negeri dan sebaliknya. Namun, hingga Rabu, 4 Agustus 2021, tidak ada transaksi keuangan sebesar Rp2 triliun.

"Jangankan Rp2 triliun, kalau kita kirim uang ke Singapura Rp100 ribu itu sudah kecatat oleh PPATK. Jadi tidak ada kegiatan itu, sudah dipastikan tidak ada (uang Rp2 t di Singapura)," ujar Dian dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk "Geger Saldo Akidi Tio", Mingg (8/8).

Baca juga : Mahfud: Pemerintah Selalu Dengar dan Tampung Kritik

Namun, pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah, apabila keluarga besar almarhum Akidi Tio benar memiliki dana Rp2 triliun di Singapura. Salah satunya, menulusuri asal muasal uang tersebut.

"Tentu tugas kita berikutnya menyelidiki ini uang memang berasal kegiatn yang sah atau kegiatan yang melanggar hukum, kita harus ada follow upnya," jelasnya.

Selain itu, PPATK telah merampungkan hasil penelusuran seluruh rekening yang terkait keluarga besar almarhum Akidi Tio. Hasilnya, tidak ada indikasi kepemilikan uang sebesar Rp2 triliun.

"Jadi orang berspekulasi, jangan-jangan (uangnya) Rp2 triliun kurang dikit. Secara kualitatif, terlalu jauh (uang yang ada) dari Rp2 triliun. Itu yang harus diketahui masyarakat, supaya jangan berharap banyak," terangnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Ist

PBB: Ujaran Kebencian Rusak Solidaritas Komunitas Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:57 WIB
Ujaran kebencian telah menjalar dan merusak kohesi sosial dan merusak pemahaman bersama yang seharusnya ada dalam sebuah komunitas dan...
Dok MI

Kemendagri Ingatkan Penyederhanaan Regulasi untuk Harmonisasi Peraturan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:43 WIB
Hal itu dilakukan dalam upaya meningkatkan kapasitas aparatur dalam menyusun Perda dan...
Antara

Kabareskrim Instruksikan Pisahkan Laporan Polisi Kasus Indosurya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:28 WIB
Dia mengaku akan menyelidiki secara parsial. Artinya setiap LP akan ditangani secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya