Kamis 05 Agustus 2021, 19:36 WIB

Polisi Usut Motif Anak Akidi Tio Beri Dana Hibah Rp2 Triliun

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Polisi Usut Motif Anak Akidi Tio Beri Dana Hibah Rp2 Triliun

Dok. Humas Polda Sumsel
Keluarga mendiang pengusaha Akidi Tio menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp2 triliun di Polda Sumsel.

 

ANAK pengusaha dari almarhum Akidi Tio, Heryanti Tio, telah mengutarakan pemberian bilyet giro sebesar Rp2 triliun kepada Polda Sumatera Selatan untuk penanganan covid-19. 

Namun, ternyata saldo di rekening giro tersebut tidak cukup. Polisi pun tengah mencari motif Heryanti yang nekat melakukan perbuatan menngarah pada dana hibah bodong.

"Dengan adanya saldo tak mencukupi, tentunya penyidik melakukan penyelidikan terhadap peristiwa ini. Penyidik akan mencari motifnya dan apakah maksudnya, kepada 'yang punya itikad baik' untuk menyumbang di Sumatera Selatan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kamis (5/8).

Baca juga: Buntut Prank Akidi Tio Rp2 Triliun, Kapolda Sumsel Potensial Disanksi

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Heryanti memberikan giro Rp2 triliun kepada Polda Sumatera Selatan pada 29 Juli 2021. Bilyet giro tersebut diketahui memiliki jatuh tempo pada 2 Agustus 2021.

Kemudian, penyidik melakukan kliring bersama Heryanti ke bank yang bersangkutan, dengan tujuan mengambil dana Rp2 triliun. Namun, pihak bank memberi keterangan bahwa saldo tidak mencukupi.

"Tanggal 29 Juli, yang bersangkutan memberikan bilyet giro ke Polda Sumsel. Jatuh temponya tanggal 2 Agustus 2021. Kemudian BG tersebut dikliring penyidik ke bank dengan yang bersangkutan," imbuh Argo.

Baca juga: PPATK Sudah Curiga Sejak Awal Profil Keluarga Akidi Tio

"Kita melaksanakan kliring atau ingin mengambil dana tersebut. Ternyata dari bank itu memberikan keterangan bahwa saldo tidak mencukupi," imbuhnya.

Sejauh ini, tim penyidik dari Polda Sumatera Selatan telah memeriksa lima orang saksi terkait dana hibah dari keluarga pengusaha Akidi Tio. Rinciannya, Heriyanti Tio yang merupakan anak Akidi Tio, Hardi Darmawan selaku dokter pribadi keluarga dan lainnya saudara dari Heriyanti Tio.

"Penyidik sudah meminta keterangan kepada lima orang sementara ini. Nanti, ada juga ahli kami minta keterangan untuk prosesnya oleh penyidik," pungkas Argo.(OL-11)

Baca Juga

Dok.NasDem

Fraksi NasDem Bahas Revisi Perpres No. 33 Tahun 2020

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:38 WIB
Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi pengawasan DPRD terhadap pembangunan berkelanjutan di setiap...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kasal Yudo Margono Sebut Kedisiplinan Kunci SDM Bermutu

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:09 WIB
Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan generasi muda mesti memiliki kedisiplinan yang tinggi. Dengan karakter itu akan banyak memupuk para...
 MI/PIUS ERLANGGA

PBNU: Muktamar NU Ke-34 Pasti Diterpa Gangguan

👤 Andhika Prasetyo 🕔Minggu 26 September 2021, 12:47 WIB
Miftachul Akhyar meminta seluruh pengurus dan warga NU untuk terus waspada. Bahkan, sikap suudzon atau berburuk sangka harus dijadikan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya