Minggu 14 Juni 2020, 14:00 WIB

Sukabumi dan Depok Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020

Abdillah Muhammad Marzuqi | Nusantara
Sukabumi dan Depok Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020

MI/BENNY BASTIANDY
Bupati Sukabumi Marwan Hamami

 

SELAIN Wali Kota Depok, Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 (Pilkada Serentak 2020). 

Ia menyatakan tidak mempermasalahkan Pilkada Serentak 2020 selama sudah ada ketetapan dan berpegang pada protokol covid-19.

"Mengingat ini sudah ada penetapannya, tentu kami akan lapor dan kolaborasi dengan Pak Gubernur dan jajaran, selaku wakil pemerintah pusat agar penyelenggaran Pilkada di Kabupaten Sukabumi berlangsung aman dari covid, lancar dan demokratis," terang Marwan (14/06).

Marwan juga telah berkoordinasi dan dengan penyelenggara Pilkada, Forkopimda, dan pihak terkait untuk kesiapan teknis Pilkada Kabupaten Sukabumi.

"Karena situasi covid-19, tantangan kita saat ini adalah disiplin melakasanakan protokol kesehatan pada tiap tahapan Pilkada. Sebetulnya, bukan hanya pada dalam tahapan Pilkada, tetapi di setiap aktivitas masyarakat, wajib patuhi protokol kesehatan. Lindungi diri dan orang lain, kuncinya disiplin," tegas Marwan.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020 yang diterbitkan 12 Juni 2020, tahapan Pilkada Serentak 2020 akan kembali dilanjutkan dengan dengan pendaftaran Pemilih pada 15 Juni 2020. Sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Sumantri, menyampaikan bahwa ihwal teknis pelaksanaan Pilkada, ia selaku Tim Anggatan Pemda juga sudah mengkoordinasikan kesiapannya dengan para pihak terkait.

"Dalam UU Pilkada itu, disitukan memang mengatur ada tanggung jawab Pemda untuk mendukung Pelaksanaan Pilkada. Oleh karena itu, secara teknis kami siap melaksanakan tahapan. Dengan memperhatikan kebutuhan saat ini, yaitu dukungan Protokol Kesehatan," ungkap Iyos Sumantri.

Iyos pun optimistis Pilkada desember 2020 di Sukabumi akan berjalan aman, damai, dan demokratis dengan partisipasi dan disiplin terhadap protokol kesehatan.

Baca juga: KPU Cianjur Ajukan Tambahan Dana Hibah Pilkada Rp11 Miliar

Sebelumnya, Wali Kota Depok Idris Abdul Somad juga menyatakan kesiapan Depok untuk melaksanakan Pilkada Serentak 2020. Hal itu diungkap usai mencermati perkembangan kebijakan Pilkada Serentak 2020.

"Sejak awal kami siap untuk menindaklanjuti kesepakatan yang telah dibuat oleh pemerintah dengan DPR dan lembaga penyelenggara Pemilu bulan Mei yang lalu, untuk tetap melaksanakan Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember 2020," terang Idris.

Idris juga mengaku telah melakukan berbagai upaya dan koordinasi dengan pihak terkait mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kepolisian, dan TNI. Ia juga menindaklanjuti arahan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan menginventarisasi kebutuhan tambahan, menyiapkan dukungan teknis, serta pengamanan. Upaya itu dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan covid-19.

Walikota itu juga berharap Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan sesuai rencana. Sekaligus menjadi momentum kebangkitan daerah dalam upaya pemulihan perekonomian dan pembangunan di Kota Depok. (A-2)

 

 

Baca Juga

dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
dok.Humas Pemprov Jateng

Tips Ganjar Pranowo Cegah Korupsi dan Pungli di Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:05 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyebut perilaku korup bisa dilakukan siapa saja. Ganjar menilai, korupsi bisa dicegah dengan...
MI/Voucke Lontaan

Polda Sulut Tangkap Dua Warga Terduga Penyelundup 8 Senjata Api

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 06:55 WIB
KEPOLISIAN Daerah Sulawesi Utara, menangkap dua pria berinisial, OM, 18, dan FM, 22, warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya