Selasa 10 Agustus 2021, 21:29 WIB

KPU Proyeksikan Pemilu 2024 Berbasis Manajemen Resiko

Mediaindonesia | Politik dan Hukum
KPU Proyeksikan Pemilu 2024 Berbasis Manajemen Resiko

Dok.MI
Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI berkomitmen mematangkan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan model berbasis manajemen risiko.

Anggota KPU RI Hasyim Asy’ari Dalam Ngobrol Politik Indonesia (Ngopi) Podcast Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta Selasa, mengatakan pengalaman pemilu dan pilkada serentak sebelumnya menjadi rujukan untuk Pemilu 2024.

Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah tercatat sukses, meski dalam kondisi pandemi COVID-19. Pengalaman itu menjadi rujukan untuk penyelenggaraan berbasis manajemen risiko Pemilu 2024.

“Misalnya, pandemi masih berlangsung, meski kita berharap segera berakhir, (namun) apa pun harus diantisipasi, maka KPU memperhitungkan dengan istilah manajemen risiko atau mitigasi yang perlu dipersiapkan,” kata Hasyim.

Ia mencontohkan salah satu langkah antisipasi adalah dengan membatasi usia PPK, PPS, dan KPPS maksimal berusia 50 tahun, kemudian dilakukan pemeriksaan untuk menjamin kesehatan para petugas yang prima.

Baca juga: Pemerintah Sudah Cairkan Anggaran BSU Rp947 Miliar

Bahkan, kata dia, jika diperlukan, maka pihaknya akan mensyaratkan vaksinasi COVID-19 bagi petugas yang terlibat pada Pemilu 2024.

“Ini dalam rangka supaya adaptasi terhadap protokol kesehatan COVID-19, itu berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinan, alternatif yang akan ditempuh KPU untuk persiapan Pemilu 2024,” katanya.

Hasyim menjelaskan Pemilu 2024 akan beririsan dengan pelaksanaan pilkada. Menurut dia sementara ini telah dirancang untuk hari pencoblosan Pemilu 2024 untuk memilih Presiden, DPR RI, DPD, dan DPRD pada Rabu, 21 Februari 2024.

Kemudian, katanya, untuk pencoblosan pilkada rencananya akan dilakukan pada Rabu, 27 November 2024.

“Karena dalam undang-undang sudah diatur demikian, pemilu ditentukan hari pemungutan suaranya oleh KPU, tetapi pilkada itu sudah ada aturannya di UU Pilkada, pemungutan suara serentak itu dilakukan pada November 2024, bulannya saja, tetapi KPU yang mendesain hari dan tanggalnya,” ujarnya. (Ant/OL-4)

Baca Juga

Dok. BKN

Barisan Ksatria Nusantara akan Gelar Ksatria Award 2021 Apresiasi Gerakan Rawat NKRI

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 29 November 2021, 22:16 WIB
Ia mengatakan penilaian BKN berasal dari masukan dan penilaian dari para pakar yang independen dan kredibel sehingga orang-orang ini layak...
Antara

Begini Modus Mafia Tanah, Palsukan Surat Kuasa hingga KTP

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 29 November 2021, 20:40 WIB
Dia menyebut mafia tanah ini mencari legalitas di pengadilan. Kemudian modus lainnya ialah memalsukan surat...
Dok: Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Lantik Tiga Kepala UPT Pemasyarakatan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 29 November 2021, 20:40 WIB
Ibnu juga menyinggung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jokowi Jamin Keamanan Investasi

Pengusaha meminta pemerintah dan DPR selaku pembuat undang-undang mempercepat proses perbaikan UU Cipta Kerja seusai putusan MK.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya