Selasa 28 Juni 2022, 22:15 WIB

Pelapor Roy Suryo: Saya hanya Menyuarakan Minoritas

Khoerun Nadif Rahmat | Megapolitan
Pelapor Roy Suryo: Saya hanya Menyuarakan Minoritas

MI/Rommy Pujianto
Mantan Menpora Roy Suryo kini tersangkut masalah hukum akibat meme yang diunggahnya di media sosial.

 

HERNA Sutana, sebagai pelapor kasus unggahan meme Roy Suryo, menyebut bahwa laporannya ini menyuarakan suara minoritas.

"Sudah saatnya kita semua berani bicara, kalau misalkan ada konotasi bahwa minoritas itu harus diam, itu enggak ya. Karena hak hukum semua warga Indonesia dijamin oleh konstitusi, di sini lah keadilan rata bagi seluruh rakyat Indonesia. Semua rata di mata hukum, gak ada diskriminasi hukum. Equality before the law," ungkap Herna saat menemui awak media setelah menyampaikan kesaksiannya di Polda Metro Jaya, Selasa (28/6).

Herna juga menyampaikan harapannya bahwa semoga kasus ini ditinjaklanjuti, sama seperti kasus penistaan agama yang sudah terjadi sebelumnya di Indonesia.

"Kami berharap laporan kami ini ditindak lanjuti sama halnya dengan apa yang sudah terjadi di negara ini sebelum-sebelumnya terkait dengan yaitu dengan masalah entah itu penistaan, penodaan, entah apapun terkait dengan keyakinan, itu diproses secara hukum. Dan kami berharap bahwa perlakuan itu pun sama terhadap kami yakin bahwa pihak Kepolisian Republik Indonesia dalam hal ini menangani penegakan hukum bertindak secara profesional," imbuhnya.


Baca juga: Polri Sebut Kasus Roy Surya Unggah Meme Stupa Jokowi Naik Penyidikan


Saat ditanya awak media mengenai pertanyaan penyidik, pihaknya mengaku menghormati proses penyelidikan dan tidak bisa memberikan substansi dari pertanyaan penyidik.

"Kalau untuk masalah pertanyaan saya sangat menghormati sekali proses penyidikan karena itu bersifat konfidensial, itu ranahnya penyidik. Saya sebagai umat Budha dan juga sebagai kuasa hukum mendampingi pemeriksaan dan semuanya berjalan baik dan lancar. Tapi kalau masuk masalah substansi pertanyaannya mohon maaf kami tidak bisa menjelaskan karena itu masih ranahnya penyidik," kata Herna.

Ia menjelaskan, kedatangannya hari ini adalah untuk memberikan keterangan kepada penyidik. Ia bersama dua saksi menyambangi Polda Metro Jaya. "Jadi kedatangan kami hari ini terkait dengan laporan Pak Kurniawan kemarin itu, kita hari ini memberikan keterangan kepada penyidik dari Pak Kurniawan dan sekaligus keterangan dari saksi-saksi di sini, ada Pak Ade dan Pak Edi," pungkas Herna.

Sejauh ini, kasus Roy Suryo terkait unggahan meme patung Sang Budha di Candi Borobudur yang diedit menyerupai wajah Presiden Joko Widodo masih dalam kasus penyelidikan. Pihak Polda Metro Jaya belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kasus ini. (S-2)

 

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Anies Baswedan Tetapkan Tarif Integrasi Transportasi Rp10 Ribu

👤Irfan Julyusman 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:31 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menetapkan tarif integrasi transportasi Transjakarta, MRT, dan LRT dengan nominal maksimal...
ANTARA/Fikri Yusuf

Polisi Sebut Tanaman Koka di Kebun Raya Bogor sudah Mati

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:43 WIB
Tanaman koka dipakai untuk penelitian sejak 1978 di Balai Penelitian Rempah dan Obat (Balitro) Lembang, Jawa...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Tarif Integrasi Berlaku di 28 Koridor Bus Transjakarta

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 19:53 WIB
DKI Jakarta sudah resmi menerapkan tarif integrasi antar moda maksimal Rp10.000. Tarif tersebut berlaku di 28 koridor dan halte...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya