Selasa 22 Februari 2022, 16:40 WIB

UE Akan Berlakukan Sanksi terhadap Rusia

Nur Aivanni | Internasional
UE Akan Berlakukan Sanksi terhadap Rusia

Aris Messinis / AFP
Sebuah gedung di wilayah timur Ukraina

 

PARA menteri luar negeri Uni Eropa, pada Selasa, akan memberlakukan sanksi terhadap Rusia atas pengakuannya atas wilayah separatis di Ukraina dan pengerahan pasukan lebih lanjut di wilayah tetangganya.

"Tentu saja tanggapan kami akan berupa sanksi, yang sejauh mana para menteri akan memutuskan, saya yakin akan ada keputusan bulat yang diperlukan untuk tindakan tersebut," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri blok tersebu Josep Borrell kepada wartawan di Paris.

Dia menambahkan bahwa teks dari langkah-langkah yang mungkin sedang disiapkan pada pagi hari ketika para menteri menghadiri forum dengan negara-negara Indo-Pasifik di ibu kota Prancis. Keputusan itu sendiri, katanya, akan ada sore ini pada pertemuan darurat.

Borrell tidak akan menjelaskan rincian sanksi tersebut, yang diperkirakan akan jatuh pada hari yang sama dengan tindakan hukuman oleh AS dan Inggris.

Baca juga: Moskow Sebut Masih Siap Berdialog Soal Ukraina dengan Menlu AS

Washington telah melarang orang AS melakukan transaksi keuangan dengan wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur yang kemerdekaannya diakui oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin malam.

Tak lama setelah pengumuman itu, Putin memerintahkan pasukan ke dua wilayah itu sebagai bagian dari operasi penjaga perdamaian. "Pasukan Rusia telah memasuki Donbas, kami menganggap Donbas bagian dari Ukraina," kata Borrell pada Selasa.

Tetapi UE bergabung dengan AS yang menahan untuk menggambarkan pengerahan itu sebagai invasi yang akan memicu sanksi paling keras yang diancam oleh negara-negara Barat dalam beberapa bulan terakhir.

"Saya tidak akan mengatakan bahwa itu adalah invasi penuh, tetapi pasukan Rusia berada di tanah Ukraina," tambah Borrell. (AFP/OL-4)

Baca Juga

AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...
AFP/MANDEL NGAN

PBB Sebut Keputusan MA AS yang Hapus Hak Aborsi Pukulan bagi HAM

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:30 WIB
"Akses untuk mendapatkan aborsi yang aman, legal dan efektif ada dalam hukum hak asasi internasional dan merupakan dasar pada hak...
AFP/David McNew/Getty Images

Mahkamah Agung AS Cabut Hak untuk Lakukan Aborsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 05:45 WIB
"UUD tidak menjamin hak untuk melakukan aborsi. Hak untuk mengatur masalah aborsi dikembalikan kepada warga dan perwakilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya