Senin 27 September 2021, 14:04 WIB

Sekjen PBB Serukan Agar Senjata Nuklir Dimusnahkan

Nur Aivanni | Internasional
Sekjen PBB Serukan Agar Senjata Nuklir Dimusnahkan

Eduardo MUNOZ ALVAREZ / POOL / AFP
Sekjen PBB Antonio Guterres

 

SEKRETARIS Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres menyatakan bahwa senjata nuklir harus dihilangkan dari dunia dan era baru dialog, harapan dan perdamaian harus dimulai. Hal itu disampaikannya saat berbicara pada Hari Internasional untuk Penghapusan Total Senjata Nuklir, pada Minggu (26/9).

Dikatakannya, mengatasi ancaman senjata nuklir telah menjadi tugas PBB sejak awal. "Pada tahun 1946, resolusi Majelis Umum pertama mengupayakan 'penghapusan persenjataan nasional senjata atom dan semua senjata utama lainnya yang dapat disesuaikan dengan pemusnah massal'," kata sekretaris jenderal.

Baca juga: PM Australia Sebut Kemungkinan tak Gabung di KTT Iklim Global

Sekjen PBB menunjukkan bahwa meskipun jumlah total senjata nuklir telah menurun selama beberapa dekade, masih ada sekitar 14.000 yang ditimbun di seluruh dunia, yang menghadapi tingkat risiko nuklir tertinggi dalam hampir empat dekade.

"Sekarang adalah waktunya untuk mengangkat ini untuk selamanya, melenyapkan senjata nuklir dari dunia kita, dan mengantarkan era baru dialog, harapan dan perdamaian bagi semua orang," kata Guterres. (Xinhua/OL-4)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya

Peserta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Bakal Jalani Tes Harian Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 12:09 WIB
Peserta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 akan menjalani tes harian covid-19 dan akan diminta untuk tetap berada dalam gelembung yang...
Antara

Akademisi Menilai Keputusan ASEAN tidak Undang Myanmar Merupakan Intervensi Positif

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:50 WIB
Keputusan ASEAN yang tidak mengundang junta militer Myanmar merupakan intervensi yang positif sepanjang menyangkut nilai-nilai hak asasi...
china.org

Rekor, Rekrutmen CPNS di Tiongkok Diminati Lebih Dari Dua Juta Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 11:37 WIB
Lebih dari dua juta orang mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil di Tiongkok untuk formasi penerimaan 2022, rekor terbanyak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya