Kamis 01 April 2021, 20:57 WIB

Perjuangan Wanita Palestina untuk Hamil dari Suami yang Dipenjara

Mediaindonesia.com | Internasional
Perjuangan Wanita Palestina untuk Hamil dari Suami yang Dipenjara

AFP/Said Khatib.
Iman al-Qudra dan bayinya.

 

MENGGENDONG putranya yang baru lahir dengan selimut putih tebal di teras rumahnya di Gaza, seorang ibu, Iman al-Qudra, tahu itu akan memakan waktu bertahun-tahun untuk bayi laki-lakinya, Mujahid, bertemu sang ayah.

Suaminya, Muhammad al-Qudra, telah dipenjara di Israel sejak 2014. Agar Iman hamil, sperma suami harus diselundupkan keluar penjara untuk digunakan dalam program fertilisasi in-vitro (IVF) atau bayi tabung.

 

Iman merupakan salah satu dari beberapa wanita Palestina di Jalur Gaza yang diblokade Israel dan Tepi Barat yang diduduki negara Yahudi itu dalam beberapa tahun terakhir telah beralih ke program bayi tabung menggunakan sperma dari suami yang dipenjara.

Itu merupakan upaya yang kompleks. Pejabat penjara Israel menyuarakan keraguan bahwa hal itu mungkin terjadi dan kesuksesan tidak dijamin.

 

Untuk kaum Qudras, seorang warga Palestina yang dibebaskan dari penjara yang sama di Israel selatan tempat Muhammad ditahan harus setuju untuk menyelundupkan air mani pada hari pembebasannya. Dia kemudian harus secepatnya melewati penyeberangan Jalur Gaza yang dikontrol ketat oleh Israel.

Berikutnya perawatan IVF dan menunggu dengan cemas untuk melihat keberhasilannya atau tidak.

 

Seorang spesialis kesehatan reproduksi di Rumah Sakit Universitas Toulouse (CHU), Louis Bujan, mengatakan kepada AFP, Kamis (1/4), bahwa masuk akal bagi sperma untuk tetap hidup selama perjalanan seperti itu, terlepas dari kondisi pendinginannya.

"Itu semua tergantung kualitas sperma sejak awal," kata Bujan. Ia menambahkan air mani bisa ditahan dalam wadah lebih dari 24 jam dan tetap layak. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Penjara Israel Berikan Tentara Wanita Menarik untuk Tahanan Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:52 WIB
Ben Shitrit bersaksi di depan panel pemerintah mengenai kegagalan pihaknya yang menyebabkan pembobolan penjara oleh tahanan keamanan...
AFP

Thailand Larang Masuk Pelancong dari Delapan Negara Afrika

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 21:08 WIB
Pengumuman itu muncul saat sejumlah negara-negara di Asia memperketat perbatasan karena khawatir dengan varian...
AFP/Hazem Bader.

Hamas Peringatkan Dampak Presiden Israel Nyalakan Lilin di Masjid Ibrahimi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 20:44 WIB
Situs suci, yang dikenal umat Islam sebagai masjid Ibrahimi dan orang Yahudi sebagai Gua Patriark, dihormati oleh kedua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya