Selasa 12 Oktober 2021, 15:40 WIB

Pembukaan Pariwisata Bali Harus Dibarengi Penguatan Sistem Kesehatan

Atalya Puspa | Humaniora
Pembukaan Pariwisata Bali Harus Dibarengi Penguatan Sistem Kesehatan

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Pengunjung memindai sertifikat vaksin covid-19 memakai aplikasi PeduliLindungi di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (30/9/2021)

 

PEMERINTAH berencana untuk membuka kembali kegiatan pariwisata di Bali. Menanggapi hal itu, Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Surya Darmawan mengungkapkan, pembukaan kegiatan pariwisata sah-sah saja. Asalkan pengawsannya dilakukan secara ketat.

"Kan sudah ada Surat Edaran, kalau itu diterapkan dengan benar sesuai dengan prosedur itu bisa saja dilakukan," kata Ede kepada Media Indonesia, Selasa (12/10).

Baca juga: 70% Sekolah Terlibat dalam Program Guru Belajar dan Berbagi

Namun demikian, yang menjadi permasalahan yakni jika nantinya banyak pihak yang meminta kelonggaran atau dispensasi. Hal tersebut akan sangat mengkhawatirkan, mengingat pemerintah juga sudah semakin melonggarkan akses masuk internasional ke dalam negeri.

Untuk itu, ia meminta pemerintah, khususnya Kemenkes agar membuat aturan yang tegas tanpa ada celah.

"Yang menjadi penting adalah menguatkan sistem pelayanan kesehatan termasuk penguatan peran Kemenkes, Kemendagri, sampai masyarakat. Kalau begitu, pembukaan apapun bisa dilakukan," pungkas dia.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, persiapan pembukaan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali telah diperkuat, Adapun, wisatawan mancanegara pun sudah boleh memasuki Bali pada Kamis (14/10) mendatang. (H-3)

 

Baca Juga

Dok. Kementerian PPPA

Kementerian PPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan UU TPKS

👤M. Iqbal AL MAchmudi 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:43 WIB
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga memandang UGM adalah institusi yang memiliki peran besar...
Antara/Galih Pradipta.

Tata Cara Salat Subuh dan Niatnya

👤Pierre Lavender 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:42 WIB
Pada rakaat kedua salat subuh, pada waktu iktidal berdiri tegak dari rukuk setelah membaca, "Rabbana lakal hamd," lalu membaca...
Antara/Ari Bowo Sucipto.

Pengamalan Pancasila Sila ke-2 dalam Kehidupan Sehari-hari

👤Miskah Syifa Putri 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:00 WIB
Dikutip dari laman BPIP, makna sila ke-2 dan contohnya merupakan perwujudan nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh bangsa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya