Selasa 12 Oktober 2021, 15:23 WIB

70% Sekolah Terlibat dalam Program Guru Belajar dan Berbagi

Faustinus Nua | Humaniora
70% Sekolah Terlibat dalam Program Guru Belajar dan Berbagi

ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Ilustrasi guru sedang mengajar

 

KEMENTERIAN Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melaporkan lebih dari 70% sekolah di Indonesia terlibat program Guru Belajar dan Berbagi. Salah satu episode dari gerakan Meredeka Belajar itu diikuti olah banyak peserta guru dari seluruh pelosok Tanah Air.

"Guru-guru mewakili sekolahnya masing-masing. Sehingga sudah ada 70% sekolah di Indonesia yang terlibat dalam program Guru Belajar dan Berbagi ini," ungkap Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril dalam webinar peluncuran Guru Belajar dan Berbagi Seri Guru Merdeka Belajar, Selasa (12/10).

Dijelaskannya, program tersebut dilaksanakan secara daring selama masa pandemi. Meski demikian, peminatnya sangat banyak. Hingga saat ini sudah menjangkau sekitar satu juta guru dari seluruh Indonesia.

"Pelatihan secara daring dari program Guru belajar dan berbagi telah menjangkau lebih dari satu juta guru dari pelosok seluruh Indonesia," imbuhnya.

Baca juga: Ini Peluang, Guru Penggerak jadi Calon Kepala Sekolah Masa Depan

Lebih lanjut, Iwan mengatakan program itu bertujuan untuk mendorong guru meningkatkan kemampuan mengajar mereka. Para guru difasilitasi untuk saling belajar dan berbagi metode pembelajaran. Selain itu guru didorong untuk terus belajar mengembangkan metode pembelajaran.

"Tentu kita ingin terus mendorong guru untuk tumbuh dari setiap masing-masing guru agar menjadi guru pembelajar sepanjang masa," tambahnya.

Iwan menegaskan guru adalah kunci pemulihan pendidikan, secara khusus di masa pandemi. Para guru harus bergotong royong memastikan hak pembelajaran anak tetap diberikan.

"Walaupun semua keterbatasan tapi anak-anak tidak ada yang jadi korban. Guru, orang tua, pemerintah terus melakukan penyesuaian, guru harus menguasai teknologi," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Tiga Dosen UNJ ini Berikan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Kepada Guru TK 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:21 WIB
Pelatihan kepada para guru itu diharapkan memberikan informasi dan keahlian penting yang berkaitan tentang bagaimana melaksanakan...
Dok. Star Cosmos

HUT ke-45, Cosmos Gelar Kontes Desain Kreasi Rice Cooker 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:19 WIB
“Kami ingin melakukan sesuatu untuk negeri ini dalam bentuk dukungan kepada program pemerintah yang saat ini sedang gencar...
Dok. Biro Pers Sekretarian Presiden

Bertemu Wakil Presiden Uni Eropa, Presiden Sampaikan Komitmen Atasi Perubahan Iklim

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 18 Oktober 2021, 22:34 WIB
“Sebagai salah satu pemilik hutan dan ekosistem mangrove terbesar, Indonesia menyadari posisi strategisnya,” ucap Presiden...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya