Selasa 08 Februari 2022, 13:44 WIB

Bappenas: Rasio antara TKA dengan Tenaga Kerja Indonesia Mencapai 1:2.880

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bappenas: Rasio antara TKA dengan Tenaga Kerja Indonesia Mencapai 1:2.880

ANTARA FOTO/Jojon.
Beberapa tenaga kerja asing membubut besi untuk kebutuhan pembangunan beberapa bangunan di salah satu perusahaan pertambangan di Konawe.

 

DEPUTI Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi mengatakan bahwa rasio antara jumlah tenaga kerja asing (TKA) dengan tenaga kerja dalam negeri di Indonesia mencapai 1:2.880 orang. 

"Artinya, di setiap 2.880 pekerja Indonesia, ada 1 tenaga kerja asing," ungkapnya dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi IX DPR RI, secara virtual, Selasa (8/2). 

Baca juga: Investor Beralih Menempatkan Dana dari Negara Asia ke Negara EMEA

Lebih lanjut, Pungky menambahkan bahwa di Thailand sendiri rasio antara TKA dengan tenaga kerja dalam negeri mencapai 1:17, Singapura mencapai 1:2, Malaysia mencapai 1:12, Australia mencapai 1:4, dan Hong Kong mencapai 1:3. 

Menurutnya, di Indonesia sendiri, TKA masih menduduki pekerjaan teknis. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan keahlian dan teknologi yang dimiliki oleh pekerja dalam negeri sehingga TKA masih dibutuhkan untuk pekerjaan teknis. 

Pungky mencontohkan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung memakai jasa tukang las untuk rel dari Tiongkok. Hal ini disebabkan rel yang digunakan memiliki tingkat kepadatan kualitas tinggi dan belum mampu diproduksi dalam negeri. 

"Panjangnya saja itu 50 meter. Kita pun belum pernah bisa membuatnya. Untuk itu membutuhkan teknik pengelasan dan alat berkualitas tinggi yang belum kita miliki," ujar Pungky. 

"Hal-hal macam ini yang sebetulnya kami dapatkan sebagai contoh mengapa kita butuh tenaga ahli yang sifatnya teknis, karena kita belum memiliki kapasitas itu," pungkasnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Soal Ekspor Pasir Laut, Pramono Anung: Nanti KKP Buat Aturan Turunan

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 07 Juni 2023, 10:29 WIB
Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Menteri KKP  perlu membuat peraturan turunan dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 26...
Antara/Saptono

Cetak Rekor, Laba Pertamina Tertinggi di Antara BUMN

👤Raja Suhud 🕔Rabu 07 Juni 2023, 10:23 WIB
Di luar dividen , Pertamina telah memberikan penerimaan ke negara dengan berbagai setoran pajak dan lainnya hingga Rp370...
PERTAMINA

Kinerja 2022 Pertamina, Operational Excellence Dibarengi Pemanfaatan TKDN Hingga 60%

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Juni 2023, 10:19 WIB
Pertamina pun mencatat kenaikan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) hingga 60%, lebih tinggi dari target perusahaan, dengan nilai TKDN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya