Rabu 03 Maret 2021, 15:12 WIB

Sri Mulyani Kecam Suap di Ditjen Pajak sebagai Pengkhianatan

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Sri Mulyani Kecam Suap di Ditjen Pajak sebagai Pengkhianatan

Antara/Aditya Pradana Putra.
Gedung Ditjen Pajak Jakarta.

 

DUGAAN suap yang melibatkan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dinilai merusak dan mengkhianati nilai integritas lembaga pengelola keuangan negara.

"Dugaan suap ini jelas merupakan pengkhianatan dan telah melukai perasaan seluruh pegawai Ditjen Pajak maupun Kemenkeu di seluruh indonesia yang telah dan terus berpegang pada prinsip integritas dan profesionalitas," tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (3/2).

Bila dugaan suap itu terbukti, imbuhnya, itu merupakan pengkhianatan bagi seluruh upaya Kemenkeu dan Ditjen Pajak untuk menghimpun penerimaan negara. Apalagi penerimaan pajak merupakan tulang punggung dari penerimaan negara.

Sri Mulyani geram lantaran di tengah pandemi covid-19 yang membutuhkan pengelolaan keuangan negara dengan baik justru diselewengkan. "Ini merupakan suatu hal yang sangat mengecewakan bagi kita semua," ujarnya.

Ditjen Pajak, sebut Sri Mulyani, akan melakukan penelitian terhadap wajib pajak (WP) yang diduga terlibat dalam dugaan praktik lancung itu. Dia bilang bila ditemukan kekurangan pembayaran pajak oleh yang bersangkutan, Ditjen Pajak akan menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengawasan dan pembinaan kepada seluruh jajaran Kemenkeu akan dilakukan secara menyeluruh. Inspektorat Jenderal Kemenkeu dan unit kepatuhan internal juga diminta Sri Mulyani untuk memperbaiki kerangka integritas internal Kemenkeu.

Selain itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga akan dilibatkan dalam upaya peningkatan dan optimalisasi penerimaan negara, khususnya penerimaan pajak. Lembaga antirasuah juga akan terus digandeng dalam rangka mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di badan Kemenkeu. (OL-14)

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya