Senin 23 Maret 2020, 05:10 WIB

Solid, tapi Berjarak

Administrator | Editorial

VIRUS baru korona, covid-19, bukan cuma pandemi, melainkan juga sudah menjadi bencana kemanusiaan. Covid-19 tidak hanya membatasi ruang gerak orang, tapi juga sudah mencabut banyak nyawa.

Setiap bencana kemanusiaan se­lalu melahirkan solidaritas sosial karena sejatinya keberadaan seseorang selalu membutuhkan partisipasi orang lain. Mestinya bela rasa atas korban covid-19 merupakan panggilan bagi setiap orang atas nama kemanusiaan.

Dalam konteks bela rasa itulah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Doni Monardo mengajak masyarakat menjadi pahlawan kemanusiaan. Caranya ikut mengurangi potensi penyebaran covid-19 di tengah masyarakat.

Setiap orang bisa ambil bagian dalam mengurangi penyebaran covid-19 jika ia konsisten mengikuti anjuran untuk jaga jarak sosial, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah. Menjalankan anjuran pencegahan covid-19 dengan kesadaran penuh tanpa panik.

Ikhtiar menjadi pahlawan kemanusiaan patut diacungi dua jempol. Angkat jempol juga untuk berbagai ungkapan dan cicitan yang menunjukkan solidaritas di lini masa media-media sosial.

Harus tegas dikatakan bahwa elok nian bila solidaritas medsos ditransformasikan menjadi solidaritas nyata. Janganlah merasa puas dengan memilih emoji like, terkejut, menangis, dan lain-lain yang mengekspresikan kesedihan. Saatnya turun dari menara gading untuk menjumpai secara nyata wajah penderitaan covid-19.

Jujur diakui bahwa tidak sedikit pengguna media sosial yang sudah turun langsung menjumpai wajah penderitaan. Di platform digital Kitabisa.com, muncul setidaknya 219 kampanye penggalangan dana dengan akumulasi sumbangan hingga kemarin lebih dari Rp6 miliar. Sumbangan dimulai dari Rp10 ribu.

Inisiatif solidaritas kewargaan juga makin nyata. Muncul gerakan anak-anak muda baik secara in­di­­vidu atau bersama-sama, termasuk organisasi dan pihak swasta, melakukan urun dana dan urun daya.

Mahasiswa yang tergabung dalam gerakan Nut­­­risi Garda Terdepan memberikan bantuan ma­­­kanan peningkat imunitas bagi ratusan tenaga medis yang menangani covid-19. Bantuan itu ter­di­ri atas susu kemasan, susu segar, makanan ber­­gizi, dan vitamin C.

Gusdurian juga menginisiasi gerakan #SalingJaga. Gerakan itu mengajak masyarakat Indonesia mendonasikan uang untuk pembelian pembersih tangan bagi orang kurang mampu.

Palang Merah Indonesia melakukan gerakan penggalangan dana pengadaan 1 juta masker un­­tuk tenaga kesehatan dan masyarakat yang mem­­butuhkan.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Yayasan Buddha Tzu Chi, dan beberapa pengusaha juga menggalang dana dengan target Rp500 miliar untuk membeli peralatan kesehatan dan APD bagi petugas kesehatan.

Perusahaan penerbitan, termasuk Dompet Ke­ma­nusiaan Media Group, juga menggalang dana masyarakat untuk disalurkan dalam rangka penanggulangan covid-19. Bahkan, Tim Kemanusiaan Surya Paloh kemarin menyerahkan The Media Hotel untuk tempat penanggulangan dan perbantuan kepada pemerintah mengatasi covid-19.

Sadar atau tidak sadar, penyebaran covid-19 se­ketika memantik semangat persatuan dan gotong royong. Setiap warga diharapkan bergerak dan tergerak untuk mengambil bagian dalam memperlihatkan solidaritas sosial sesuai dengan kemampuan masing-masing. Minimal aktif mengedukasi dan mengadvokasi mengatasi covid-19 di lingkung­an tinggal masing-masing.

Silakan menyumbang harta karena amatlah mulia menyumbang dari kekurangan, bukan ka­re­na kelebihan. Bisa pula menyumbangkan pengetahuan, keterampilan, atau menjadi relawan. Kemarin, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona telah membuka pendaftaran relawan penanganan covid-19.

Jaga jarak sosial tidak harus meniadakan soli­­da­ri­tas sosial. Wajah sesama yang menderita ia­lah cermin keluhuran kemanusiaan dan siapa saja, tanpa mengenal asal usul dan agama, mesti mengambil bagian meringankan penderitaan orang lain.

Baca Juga

Dok.MI/Duta

Perlu Regulasi Larang Mudik

👤Administrator 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 05:05 WIB
PEMERINTAH baru berencana melarang mudik Lebaran 2020. Regulasi yang dibahas pekan depan itu hendaknya disertai sanksi yang tegas agar...
MI/Duta

Mencegah LP dari Covid-19

👤Administrator 🕔Jumat 27 Maret 2020, 05:05 WIB
LEMBAGA pemasyarakatan (LP) berpotensi menjadi salah satu zona merah penyebaran virus korona baru (covid-19) karena tingginya risiko...
MI/Seno

Paket Insentif Pengganti Mudik

👤Administrator 🕔Kamis 26 Maret 2020, 05:05 WIB
ESKALASI penularan covid-19, penyakit yang disebabkan virus korona baru, masih belum ada tanda-tanda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya