Minggu 05 Desember 2021, 05:04 WIB

Lewandowski Cetak Dua Gol, Bayern Berjaya di Der Klassiker

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Lewandowski Cetak Dua Gol, Bayern Berjaya di Der Klassiker

AFP/Ina Fassbender
Penyerang Bayern Robert Lewandowski melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Dortmund di laga Bundesliga.

 

ROBERT Lewandowski mengemas dua gol saat membantu Bayern Muenchen memenangi duel Der Klassiker di markas Borussia Dortmund dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-14 Bundesliga di Stadion Signal Iduna Park, Minggu (5/12) dini hari WIB.

Dortmund sempat memimpin lewat gol cepat yang dicetak Julian Brandt dari tepi kotak penalti saat laga baru berusia lima menit. Tetapi, keunggulan itu tidak bertahan lama, sebab empat menit kemudian,Lewandowski mencetak gol balasan untuk Bayern.

Bayern kemudian sukses berbalik unggul, semenit jelang turun minum, setelah Kingsley Coman sukses memanfaatkan blunder yang terjadi di lini pertahanan Dortmund.

Baca juga: Kimmich dan Goretzka Dipastikan Absen Kontra Dortmund

Berusaha mengantisipasi bahaya, bola sapuan Raphael Guerreiro malah membentur rekannya Mats Hummels sebelum jatuh di hadapan Coman yang melakukan satu sentuhan sebelum menjebol gawang tuan rumah.

Dortmund sukses membuat kedudukan kembali imbang, tiga menit memasuki babak kedua, ketika bola sodoran Jude Bellingham sukses diselesaikan dengan sepakan melengkung Erling Haaland yang memperdaya kiper Manuel Neuer.

Permainan terbuka berlanjut dan kiper Gregor Kobel melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Coman, sebelum di ujung lapangan berlawanan Dayot Upamecano pasang badang untuk menghalau bola sepakan Brandt.

Drama terjadi pada menit ke-76, saat Bayern mengambil situasi sepak pojok dan wasit Felix Zwayer diberi masukan oleh VAR untuk ke monitor tepi lapangan meninjau insiden dugaan handball Hummels di dalam kotak terlarang Dortmund.

Setelah tinjauan, Zwayer menunjuk titik putih dan Lewandowski melepaskan eksekusi penalti yang laju bolanya gagal dihentikan Kobel ke dalam gawang demi merestorasi keunggulan Bayern.

Sementara para pemain Bayern melakukan selebrasi, pelatih kepala Dortmund Marco Rose terus melancarkan aksi protes kepada ofisial pertandingan tepi lapangan hingga wasit Zwayer mendatanginya dan memberikan kartu merah kepada juru taktik berusia 45 tahun tersebut.

Meski tanpa sang pelatih di tepi lapangan, Dortmund terus berusaha bangkit memburu gol penyama kedudukan, tapi tembakan akrobatik Donyell Malen bisa dihalau Niklas Sule sedangkan sepakan sudut sempit Thomas Meunier berakhir diamankan oleh Neuer demi menjaga skor 3-2 bagi Bayern bertahan hingga peluit bubaran.

Kemenangan di Der Klassiker ini penting bagi Bayern untuk menegaskan posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi 34 poin dan unggul empat poin atas Dortmund di urutan kedua.

Pada Sabtu (11/12), Bayern akan menjamu FSV Mainz di Allianz Arena sedangkan Dortmund bertandang ke markas tim promosi VfL Bochum.

Sebelumnya, Selasa (7/12), Dortmund akan menjamu Besiktas dalam laga pemungkas mereka di Liga Champions musim ini, sedangkan Bayern, sehari kemudian, bakal kedatangan Barcelona. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

27 Pemain Dipanggil untuk Laga FIFA Match Day di Bali

👤Akmal Fauzi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 14:51 WIB
Skuad Garuda direncanakan akan melawan Timor Leste pada periode FIFA Match Day bulan ini. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion I Wayan...
AFP/Glyn KIRK

Tuchel Tegaskan tidak akan Ubah Strategi Chelsea Demi Lukaku

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 13:15 WIB
Pelaith Jerman itu menegaskan dirinya tidak hanya fokus pada Lukaku, yang baru mencetak dua gol di laga Liga Primer Inggris, sejak...
AFP/Heuler Andrey

Arsenal Dilaporkan Ingin Datangkan Diego Costa

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:15 WIB
Arsenal dikabarkan tertarik memberikan kontrak jangka pendek kepada Diego Costa yang memiliki durasi hingga akhir musim dengan opsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya