Sabtu 28 Juli 2018, 07:00 WIB

Reuni Dini Unai Emery dengan PSG

Satria Sakti Utama | Sepak Bola
Reuni Dini Unai Emery dengan PSG

AFP PHOTO / ROSLAN RAHMAN
Reuni Dini Unai Emery dengan PSG

 

UNAI Emery baru dua bulan meninggalkan Paris Saint-Germain. Namun, juru taktik asal Spanyol itu sudah harus kembali bertemu dengan klub juara Ligue 1 Prancis tersebut.

Memang pertemuan mereka kali ini sebagai lawan. Emery yang kini menukangi Arsenal akan berusaha menyakiti mantan klubnya itu di turnamen pramusim International Champions Cup (ICC) 2018 yang digelar di Singapura, Sabtu (28/7) malam.

Emery sejatinya pernah menjadi bagian penting PSG sejak didatangkan sebagai pelatih pada 2016 silam. Namun, hubungan mereka akhirnya kandas akhir musim lalu. Manajemen PSG disebut tak puas dengan kinerja Emery yang gagal membuat raksasa Prancis tersebut dapat bersaing di level Eropa.

Emery pun lantas merapat ke London untuk bergabung dengan Arsenal sekaligus menjadi suksesor Arsene Wenger yang memilih mundur musim lalu. Di sisi lain, PSG menunjuk pengganti mantan pelatih Sevilla itu dengan arsitek 44 tahun asal Jerman, Thomas Tuchel.

Terlepas dari memori masa lalu dengan PSG, Emery memilih tetap fokus mematangkan timnya. Sejauh ini permainan Arsenal dengan cara bermain yang diinginkan Emery belum seratus persen menyatu.

Skema 4-2-3-1 dengan menempatkan Pierre-Emerick Aubameyang sebagai penyerang sayap dan Aleksandre Lacazete di posisi bomber utama belum berjalan baik. Hal itu terbukti setelah the Gunners kalah 1-3 lewat adu penalti dari Atletico Madrid di ajang yang sama.

"Saya bersyukur telah menjadi bagian PSG. Salah satu waktu terbaik dalam karier saya. Tapi kami akan memanfaatkan pertandingan tersebut (melawan PSG) untuk persiapan kami di musim baru. Menjadi kesempatan bagi saya pula untuk bertemu rekan-rekan di PSG saat bekerja di sana," kata Emery.

Kendati demikian, hasil negatif dari laga kontra Atletico Madrid tak sekonyong-konyong mengubah ide permainan Emery. Ia masih berpegang teguh dengan cara kerja yang dipilihnya. Pelatih 46 tahun itu memang mendapatkan banyak perhatian karena ia mewarisi tim yang telah puluhan tahun dipimpin pelatih yang sama. Arsene Wenger telah menjadi pelatih Arsenal selama 22 tahun sebelum memutuskan mundur musim lalu. Hal itu menjadi pekerjaan berat bagi Emery untuk mengubah pola pikir permainan timnya saat ini.

"Saya memiliki cara saya sendiri. Saya ingin tim saya memiliki mental. Saya ingin membangun tim yang bagus, membangun tim dengan energi yang baik melalui pemain-pemain berkualitas," imbuh Emery.

Beban Tuchel

Setali tiga uang, PSG juga belum optimal selama menjalani pramusim sejauh ini. Kekalahan 1-3 dari Bayern Munchen membuat beban Tuchel semakin menumpuk. Penunjukan pelatih 44 tahun itu dinilai sebagai langkah mundur manajemen PSG. Pasalnya Tuchel baru mengoleksi satu piala saja selama karier kepelatihannya sejak 2009 lalu.

Akan tetapi, Tuchel merupakan pelatih yang tegas terhadap anak asuhnya. Sosok yang pas untuk mendisiplinkan deretan pemain bintang Les Parisiens, julukan PSG. Bahkan, Tuchel melakukan langkah gila dengan mendatangi tempat hiburan malam seluruh Paris untuk mengontrol kehidupan malam para pemainnya.

Bek senior PSG Maxwell Andrade pun memuji kinerja mantan bos Borussia Dortmund itu. "Dia membawa energi dan sistem baru yang membuat pengalaman pemain bertambah."

(AFP/Goal/R-2)

Baca Juga

MI/Dok PSSI

Elkan Baggott belum Tentu Tampil Melawan Timor Leste

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:56 WIB
Elkan Baggott, bek tengah 19 tahun bertinggi badan 1,94 meter itu, menjadi satu-satunya pemain klub luar negeri yang dipanggil Shin...
AFP/Glyn KIRK

Tuchel Tuding Kekelahan Sebabkan Chelsea Gagal Kalahkan Brighton

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:26 WIB
The Blues hanya memenangkan satu dari tujuh laga Liga Primer Inggris terakhir mereka yang membuat mereka hampir dipastikan tidak lagi...
AFP

Paul Pogba Berkomitmen Berikan Yang Terbaik Untuk MU di Sisa Kompetisi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:10 WIB
MANAJER sementara Manchester United, Ralf Rangnick angkat suara terkait kontrak Paul Pogba yang akan segera berakhir bersama Setan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya