Selasa 12 Juli 2022, 14:19 WIB

DPR Menilai Kadiv Propam Polri Tak Perlu Dinonaktifkan

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
DPR Menilai Kadiv Propam Polri Tak Perlu Dinonaktifkan

polri.go.id
Kadiv Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo

 

KOMISI III menilai Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Irjen Ferdy Sambo tak perlu dinonaktifkan. Penonaktifan tersebut disampaikan sejumlah pihak usai aksi saling tembak terjadi rumah dinasnya.

"Jadi untuk penonaktifan pada Kadiv Propam ya itu terlalu jauh. Kalau atas dasar pemberitaan yang ada, itu terlalu jauh," kata Ketua Komisi III Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Eks Wakil Ketua Komisi VII itu menyampaikan penonaktifan perwira tinggi tidak gampang. Harus melalui proses. "Dan harus pasti kesalahannya," ungkap dia.

Apalagi, saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait keterlibatan Sambo dalam kejadian tersebut. Sehingga, penonaktifan dinilai tidak tepat dilakukan terhadap eks Dirtipidum Polri itu.

"Yah salahnya belum jelas kok disanksi, jangan dong," sebut dia.

Baca juga: DPR Desak Polri Transparan soal Insiden Adu Tembak

Dia meyakini Propam Polri bakal profesional dalam menyelesaikan kejadian tersebut. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dinilai akan membentuk tim khusus untuk mendalami kejadian yang menewaskan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (J) tersebut.

"Misal Pak Kapolri membentuk tim lagi toh," ujar dia.

Peristiwa berdarah itu terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, wilayah Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan pukul 17.00 WIB pada Jumat, 8 Juli 2022. Brigadir J disebut sopir dinas istri Irjen Ferdy Sambo, Putri. Sedangkan, Bharada E adalah anggota yang ditugaskan sebagai pengawal dan pengamanan Irjen Ferdy Sambo. (OL-4)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Pelanggaran Kode Etik Berat, Ferdy Sambo Berpotensi Dipecat 

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:42 WIB
Menurut IPW, sidang etik Ferdy Sambo bisa mengarah tindak pidana, jika terbukti menghilangkan bukti atau merusak TKP dalam kasus penembakan...
Antara

Pakar: Istri Ferdy Sambo Bisa Jadi Tersangka

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:22 WIB
Dalam hal ini, terkait keterangan palsu dalam laporan dugaan pelecehan seksual. Mengingat, Bareskrim Polri menyatakan tidak ada tindak...
Antara

Telusuri Kasus Pembunuhan Brigadir J, Penyidik Polri ke Magelang

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:05 WIB
Sebelumnya, Ferdy Sambo mengklaim ada perbuatan Brigadir J yang melukai harkat dan martabat keluarganya ketika berada di Magelang, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya