Rabu 17 November 2021, 16:34 WIB

MUI Serahkan Proses Hukum Terduga Teroris ke Pihak Berwenang

Mohamad Farhan Zhuhri | Politik dan Hukum
MUI Serahkan Proses Hukum Terduga Teroris ke Pihak Berwenang

DOK MUI.
Ilustrasi.

 

TERKAIT peristiwa penangkapan Dr Zain An-Najah oleh Densus 88 Antiteror Mabes Polri, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyerahkan sepenuhnya proses tersebut ke pihak berwenang.

Dalam unggahan Twitter-nya, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH M Cholil Nafis mengatakan telah menonaktifkan Zain merupakan Anggota Komisi Fatwa MUl yang merupakan perangkat organisasi di MUI yang fungsinya membantu Dewan Pimpinan MUl. "Dugaan keterlibatan yang bersangkutan dalam gerakan jaringan terorisme merupakan urusan pribadinya dan tidak ada sangkut pautnya dengan MUI," isi dari siaran pers yang turut diunggah Cholil Nafis, Rabu (17/11).

Selanjutnya, dalam keterangan tersebut MUI menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat penegak hukum dan meminta agar aparat bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah dan memenuhi hak-hak yang bersangkutan untuk mendapatkan perlakuan hukum yang baik dan adil. "MUI berkomitmen dalam mendukung penegakan hukum terhadap ancaman tindak kekerasan terorisme sesuai dengan fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2004 tentang Terorisme," lanjutnya.

Terakhir, dirinya berpesan agar masyarakat tidak terprovokasi dengan kejadian penangkapan ini. "MUI mengimbau masyarakat untuk menahan diri agar tidak terprovokasi dari kelompok-kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan tertentu," pungkasnya.

Baca juga: Farid Okbah Cs Resmi Ditetapkan jadi Tersangka Kasus Terorisme

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memastikan penangkapan ketiga terduga teroris pada Selasa, 16 November 2021 berdasarkan alat bukti yang kuat. Diketahui, Denesus 88 Antiteror telah menangkap tiga orang yakni Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Ahmad Okbah (FAO) serta anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah (AZ) dan Anung Al-Hamat (AA). (OL-14)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Azyumardi Azra Sebut Pengangkatan Penjabat Kepala Daerah Bertolak Belakang dengan Reformasi

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 21:00 WIB
Menurutnya, pengangkatan penjabat untuk menggantikan posisi kepala daerah yang habis masa jabatannya sebelum pemilihan 2024 mengingkari...
ANTARA

Jokowi Minta Jangan Tergesa-Gesa Bahas Capres 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:54 WIB
Jokowi menyinggung berbagai persoalan bangsa, antara lain, persoalan energi, pangan, dan situasi geopolitik...
MI/Vicky Gustiawan

24 Tahun Demokrasi, Aspek Politik, Sosial dan Hukum Masih Lemah

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:17 WIB
Meskipun telah menghasilkan kemajuan di bidang politik dan ekonomi, tetapi masih ada kekurangan yakni krisis politik, hukum, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya