Selasa 16 November 2021, 20:43 WIB

Farid Okbah Cs Resmi Ditetapkan jadi Tersangka Kasus Terorisme

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Farid Okbah Cs Resmi Ditetapkan jadi Tersangka Kasus Terorisme

Antara
Ilustrasi

 

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menetapkan tiga ustadz sebagai tersangka teroris. Polri mengantongi bukti ketiganya terlibat dengan kelompok teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

"Sudah bukan terduga terorisme. Kenapa tersangka, penyidik Densus 88 Antiteror sudah memiliki bukti-bukti yang cukup untuk menetapkan ketiganya sebagai tersangka," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, hari ini.

Ramadhan mengatakan bukti-bukti itu didapat dari hasil pemeriksaan beberapa tersangka teroris yang ditangkap lebih dahulu. Densus dipastikan tidk asal dalam penangkapan ini.

"Kita sudah kumpulkan bukti yang cukup, kita yakin, kemudian kita lakukan tindakan, upaya hukum, yaitu penangkapan," ujar Ramadhan.

Menurut Ramadhan, bukti terlibat teroris terlihat dari peran masing-masing dalam kelompok JI. Ketiga tersangka ialah Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Ustaz Ahmad Farid Okbah, anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah, dan ustaz Anung Al Hamat.

Baca juga: Penceramah Farid Okbah Ditangkap Densus 88, Waketum MUI Protes

Ramadhan menyebut Farid dan Zain berperan sebagai Dewan Syuro dan sepuh JI. Zain juga Ketua Dewan Syariah LAZ BM Abdurrahman Bin Auf (ABA) yang dikelola JI.

"Di mana BM ABA ini mengumpulkan dana, menggalang dana, dana yang terkumpul sebagian digunakan untuk mendukung aksi-aksi terorisme," ungkap Ramadhan.

Sedangkan, Anung anggota pengawas Perisai Nusantara Esa Tahun 2017. Ustadz Anung juga merupakan pengurus atas atau pengawas kelompok JI. Ketiganya ditangkap di Kecamatan Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa dini hari, 16 November 2021. Ketiga ustadz masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Densus. (OL-4)

Baca Juga

.

Pejabat Gubernur dari TNI/Polri Hanya dalam Kondisi Darurat Militer

👤RO/Micom 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:51 WIB
Keterlibatan militer sebagai penguasa daerah dilakukan ketika suatu daerah menjadi Darurat Militer dan Darurat...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Demonstrasi UU P3 Salah Alamat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:48 WIB
Jika sudah disahkan, lalu unjuk rasa, maka hal itu sudah melenceng dari asas proporsionalitas, karena DPR tidak bisa membatalkan UU yang...
Instagram @pbmathlaulanwar

Diundang Isi Tausiyah, Ketua MA Bantah Dukung Sandiaga Uno

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 11:42 WIB
Haji Embay mengaku terang-terangan telah meminta kepada yang mengundang dirinya agar tidak ada deklarasi dukungan kepada siapa pun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya