Jumat 05 Maret 2021, 12:45 WIB

KPK Periksa Istri Edhy Prabowo sebagai Saksi

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
KPK Periksa Istri Edhy Prabowo sebagai Saksi

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Anggota DPR Fraksi Partai Gerindra dan istri dari Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil istri mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi. Penyidik KPK memeriksa Iis sebagai saksi untuk suaminya dalam kasus dugaan suap ekspor benih bening lobster.

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka EP (Edhy Prabowo)," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri, Jumat (5/3).

Iis yang juga anggota DPR RI menjadi satu dari 13 orang yang diperiksa sebagai saksi untuk Edhy hari ini. Saksi lainnya yang diperiksa antara lain Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP Rochmat M Rofiq dan Direktur Utama PT Aero Citra Kargo Amiri.

Sepuluh saksi lainnya adalah pegawai sipir bernama Rahmatullah, Mohamad Ridho (swasta), Mohammad Sadik (PNS), Siti Maryam (mahasiswa), Randy Bagas Prasetya (staf hukum operasional BCA), Aisyiah Paulina (karywan money changer Bintang Valas Abadi).

Selain itu Trian Yunanda (Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Ditjen Perikanan Tangkap), Lies Herminingsih (notaris), Rochmat M Rofiq (PNS KKP), dan Ade Mulyana Saleh (wiraswasta).

Baca juga: KPK Sita Rumah Stafsus Edhy Prabowo di Jaksel

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan tujuh tersangka. Selain Edhy, dua stafsusnya bernama Safri dan Andreau Pribadi juga ditetapkan sebagai tersangka.

Tersangka lain yakni staf istri Menteri KKP Ainul Faqih, pengurus PT Aero Citra Kargo Siswadi, Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito, dan sekretaris pribadi Edhy, Amiril Mukminin.

Edhy diduga menerima suap dari pengusaha berkaitan perizinan ekspor benih lobster dan membelanjakan uang tersebut membeli barang-barang mewah saat berada di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

KPK menduga Edhy menerima Rp3,4 miliar dan US$100 ribu (setara US$1,4 miliar). Senilai US$100 ribu itu diduga dari Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito pada Mei lalu. Adapun duit Rp3,4 miliar diduga berasal dari Ahmad Bahtiar selaku pemilik PT Aero yang ditransfer ke rekening staf istri Edhy.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Vega

KPK: Perbuatan Sjamsul dan Itjih Terbukti Tapi Bukan Pidana

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 13 April 2021, 08:26 WIB
Ghufron mengatakan kerugian negara dari tindakan Sjamsul dan Itjih bukan ranah pidana. Tindakan keduanya masuk ke dalam ranah...
Dok. Istana Kepresidenan

Jubir Wapres: Wajar Kepuasan Kinerja Wapres di Bawah Jokowi

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 13 April 2021, 04:35 WIB
Masduki menyebutkan, dirinya justru merasa heran apabila tingkat kepuasan terhadap Wapres melebihi...
Antara

Kubu Moeldoko Yakin Menang atas AHY di Pengadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 22:10 WIB
SAAT ini kubu Moeldoko sedang melakukan upaya hukum di pengadilan pasca tidak disahkan KLB partai Demokrat Deli...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya