Senin 23 September 2019, 18:54 WIB

DPR Telah Mengakomodasi Keberatan Preisden Terkait RKUHP

Putra Ananda | Politik dan Hukum
DPR Telah Mengakomodasi Keberatan Preisden Terkait RKUHP

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo

 

USAI menggelar rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan DPR memahami keinginan Jokowi yang ingin menunda pengesahan Rancangan Kitab Undang Hukum Pidana (RKUHP). Pemerintah dan DPR sepakat masih ada beberapa pasal yang perlu disempurnakan dalam RKUHP.

"Intinya karena kita memahami keinginan preisden untuk menunda RKUHP ini karena ada beberapa pasal yang menimbulkan pro dan kontra sehingga masih perlu memerlukan sosialiasi dan juga penjelasan yang lebih banyak ke publik," tutur Bamsoet saat ditemui di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

Bamsoet menejelaskan setidaknya masih terdapat 14 pasal yang menuai pro dan kontra yang ada di dalam RKUHP. Seperti pasal yang mengatur tentag perzinahan, penghinaan kepada presiden, dan kekhawatiran terancamnya kebebasan pers. Bahkan, pasal-pasal pro kontra tersebut sampai diberitakan oleh media-media asing yang memeperingatkan warganya untuk ke Indonesia.

"Saya kemarin ke Bali dan banyak pengusaha pengusaha di Bali mereka rasa adanya asal Kumpul kebo atau perzinahan di mana hubungan tanpa ikatan perkawinan itu bisa dipidana sementara banyak turis asing di Bali itu tidak perlu menunjukkan status perkawinannya," tuturnya.

Namun, kendati demikian Bamsoet menyatakan DPR akan berusaha keras melakukan pembahasan dan pendamalaman terhadap sejumlah pasal yang menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. Dirinya berharap pembahasan tersebut dapat dituntaskan dengan harapan dapat dituntaskan oleh DPR pada periode saat ini.

"Saya sebagai ketua DPR harus bersikap optimis RKUHP bisa disahkan dalam 3 masa sidang paripurna mendatang. Namun DPR juga tidak memaksakan jika ternyata pengesahan RKUHP tidak dapat selesai dalam periode 2014-2019," jelasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist

Adco Law Umumkan Advokat Alta Mahandara sebagai Partner Baru 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:21 WIB
Alta Mahandara akan memperkuat Practice Group Korporasi dan M&A dengan pengalaman di bidang hukum selama lebih dari dua belas...
Antara/Sigid Kurniawan.

Puan dan Cak Imin Bicara Koalisi Pemilu 2024

👤Sri Utami 🕔Minggu 25 September 2022, 14:15 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan pertemuan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Minggu (25/9), membahas seputar upaya...
MI/HO

Ziarah Makam Taufiq Kiemas Bersama Cak Imin, Puan: PDIP dan PKB Sama-Sama Partai Wong Cilik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:03 WIB
“Kami berdua kenalnya dari SMA dan mahasiswa, dan sampai di sini sebagai Ketua DPR dan Wakil Ketua DPR. Kami berharap pertemuan ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya