Senin 08 Juli 2019, 18:00 WIB

KY belum Terima Laporan Terkait Penolakan Putusan PK Baiq Nuril

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KY belum Terima Laporan Terkait Penolakan Putusan PK Baiq Nuril

MI/ROMMY PUJIANTO
Sukma Violetta : Anggota KY Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi

 

KETUA Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial Sukma Violetta menyampaikan pihaknya belum menerima laporan terkait putusan penolakan Peninjauan Kembali (PK) Baiq Nuril. Dalam putusan itu, Baiq dinyatakan bersalah melanggar UU ITE karena menyebar video konten asusila.

"Terhadap putusan PK belum ada laporan yang diajukan ke KY. Kami belum memberi respon. Kami hanya bisa (merespon) apabila terkait dengan laporan yang sudah diajukan ke KY," ujar Sukma saat ditemui di Gedung KY, Jakarta, Senin (8/7).

KY, menurutnya, sudah menerima laporan dari masyarakat soal putusan kasasi Baiq Nuril. Namun, wewenang KY hanya menilai sebatas perilaku hakim atau kode etik. Bukan menilai putusan hakim.

"Kita perlu menghormati independensi hakim. Khusus apabila terkait pertimbangan hukum terkait dengan putusan, kami menghargai yang sudah diputuskan. Jadi, kami menyatakan tidak terbukti bersalah melakukan pelanggaran kode etik (soal kasasi Nuril)," terang Sukma.

Baca juga: Publik Diminta tak Campur Aduk Kasus ITE dan Pelecehan Baiq Nuril

Sebelumnya, anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu menilai MA mengeyampingkan Perma Nomor 3 Tahun 2017 terkait Penanganan Kasus Perempuan Berhadapan dengan Hukum. Menanggapi hal tersebut, Sukma mengatakan masing-masing lembaga memiliki kewenangan yang berbeda.

"Tinggal dilihat, kalau itu memang kewenangan dari Ombudsman yang kaitannya dengan maladministrasi, memang di sana. KY tidak terkait dengan maladministrasi tapi terkait dengan perilaku hakim. Tapi, masyarakat bisa melapor ke kami (soal putusan PK Nuril)," tandas Sukma.(OL-5)

Baca Juga

MI/Susanto

Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar: Hentikan Kejahatan Korupsi

👤Haryanto Mega 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 09:35 WIB
Ganjar menyayangkan kejadian OTT yang melibatkan kepala daerah di wilayahnya...
dok.Ant

Ketua KPK Tegaskan Penangkapan Bupati Pemalang dan Beberapa Orang Diduga Terlibat Suap

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 09:16 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut penangkapan terhadap Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terkait dengan...
Antara

KPK Menduga Bupati Pemalang Terlibat Kasus Suap

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 09:10 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo terlibat kasus suap dalam pengadaan barang dan jasa serta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya