Sabtu 13 November 2021, 14:20 WIB

Jelang Indonesia Badminton Festival, Seluruh Atlet Dipastikan Negatif Covid-19

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Jelang Indonesia Badminton Festival, Seluruh Atlet Dipastikan Negatif Covid-19

MI/Susanto.
Sonny Harry B Harmadi.

 

INDONESIA Badminton Festival 2021 akan segera digelar di Nusa Dua, Bali, pada 16 November-5 Desember 2021. Menerapkan sistem bubble (karantina) di The Westin Resort, Satgas Penanganan Covid-19 menjamin bahwa protokol kesehatan ketat telah diterapkan secara optimal di lokasi turnamen.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 BNPB, Sonny Harry B Harmadi, mengatakan berdasarkan hasil tes PCR terakhir pada Jumat (12/11), dari 256 atlet yang akan bertanding di Indonesia Badminton Festival seluruhnya dinyatakan negatif. "Berdasarkan hasi tes PCR terbaru yakni pada 12 November alhamdulillah semua atlet negatif," kata Sonny dalam konferensi pers di The Westin Resort, Sabtu (13/11).

"Jadi kita betul-betul menskrining secara ketat untuk memastikan semua anggota tim baik atlet, ofisial, dan semua tim panitia pelaksana dalam kondisi sehat tidak dengan kondisi covid-19. Saya juga sudah minta panitia agar setiap hari dilakukan monitoring terhadap kesehatan seluruh orang yang ada di sini," tuturnya.

Dijelaskannya, para atlet, ofisial, dan seluruh orang yang berada di kawasan bubble setidaknya akan menjalani enam kali tes PCR. Kemudian ada tes swab antigen setiap kali akan masuk arena pertandingan. Berdasarkan pantauan tim Satgas Covid-19 yang telah memantau sejak 7 November 2021, penerapan prokes di lokasi turnamen juga berjalan dengan baik.

Sonny menjelaskan jika di kemudian hari ditemukan kasus positif covid-19, pihaknya bersama panitia penyelenggara juga sudah menyiapkan prosedur khusus untuk menanganinya. "Bila kasusnya ternyata OTG, sudah disiapkan tempat isolasi di sini, terletak di sisi yang berbeda. Sedangkan kalau dia bergejala sedang atau berat kami rujuk ke Rumah Sakit Sanglah untuk penanganan lebih lanjut," jelasnya.

Baca juga: Prestasi Di Jerman Terbuka Jadi Motivasi Leo/Daniel

Untuk mencegah penularan covid-19 dari luar area, tim satgas juga menerapkan pengamanan ketat di kawasan The Westin Resort, Nusa Dua, Bali. Penjagaan di ring 1 melibatkan 30 orang dari petugas BNPB dan keamanan hotel. Di ring 2 dijaga total 900 orang petugas gabungan dari Kodam IX Udayana dan Polda Bali. "Kami bukan hanya ingin sukses secara prestasi, tetapi juga dalam pencegahan penularan covid-19," tukasnya. (OL-14)

Baca Juga

Humas PBSI

Apriyani/Fadia Jaga Pikiran untuk Tetap Kompetitif di Malaysia Masters 2022

👤Rifaldi Putra I 🕔Rabu 06 Juli 2022, 14:42 WIB
"Jujur memang sulit untuk set pikirannya, tapi ini sudah tanggung jawab kita jadi bagaimana kita membawa diri saja. Kan yang sudah...
ANTARA FOTO/HO/Humas PBSI

Apri/Fadia tak Tertandingi di Babak Pertama Malaysia Masters

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 06 Juli 2022, 13:25 WIB
Ganda putri asal Thailand, Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul menjadi korban pertama dalam perjalanan Apri/Fadia pada turnamen...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Ons Jabeur Capai Semifinal Pertamanya di Grand Slam

👤Rifaldi Putra I 🕔Rabu 06 Juli 2022, 12:51 WIB
Jabeur berhasil memetik kemenangan atas petenis Republik Ceko Marie Bouzkova di babak perempat final Wimbledon 2022 dengan skor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya