Jumat 08 Oktober 2021, 20:15 WIB

Atlet E-Sport Perempuan kian Menjanjikan

Gana Buana | Olahraga
Atlet E-Sport Perempuan kian Menjanjikan

AFP
Atlet e-sport perempuan, Gabriela Ferreira, 19, saat tampil pada sebuah turnamen e-sport di Rio de Janeiro, Brasil, beberapa waktu lalu.

 

PERKEMBANGAN atlet e-sport perempuan kian menjanjikan. Namun, ekosistem ragam olahraga daring ini perlu diperbaiki agak semakin banyak calon pemain profesional lahir dalam dunia ini.

"E-sport profesional player perempuan berkembang, tapi masih ada gap. Pemain profesional pria jauh lebih pro, lebih tinggi stamina, untuk hadiah (turnamen) juga lebih tinggi," kata Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) Susanty Widjaya dalam konferensi pers daring, Jumat (8/10).

Dia melihat potensi atlet perempuan di dunia e-sport yang kualitasnya bisa terus ditingkatkan. Susanty mengatakan hal itu mendorong terciptanya turnamen Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021: Mobile Legends Series 2021, kejuaraan nasional Mobile Legends untuk altet perempuan. Turnamen ini diselenggarakan Asensi bersama Dyandra Promosindo.


Baca juga: Sport Clinic, Solusi untuk Mengatasi Cedera Olahraga


Susanty mengatakan, ini merupakan komitmen terhadap di industri e-sport Indonesia melalui turnamen-turnamen yang diadakan khusus untuk perempuan.

Menurut dia, butuh lebih banyak turnamen e-sport yang berkualitas dan bergengsi untuk kaum hawa yang bergelut di dunia e-sport. Biasanya, turnamen e-sport yang diikuti perempuan tidak semegah turnamen untuk laki-laki. Melalui acara ini, Susanty ingin memberikan turnamen yang sama megah dan bergengsi untuk atlet perempuan.

"Harapannya turnamen Wonderful Indonesia Srikandi Championship 2021: Mobile Legends Series 2021 bisa angkat derajat perempuan sehingga ada kesetaraan gender di e-sport," kata Susanty.

Babak kualifikasi WISC telah dimulai pada 27–30 September 2021 dan babak semifinal dan final akan berlangsung pada 31 Oktober mendatang. Para pemain memperebutkan total hadiah Rp120 juta dan piala yang bentuknya terinspirasi dari panah dan busur Srikandi. (Gan/S-2)

Baca Juga

Kevin C. Cox/Getty Images/AFP

Milwaukee Bucks Kalah dari Hawks di Laga Tandang

👤Ilham Ananditya 🕔Selasa 18 Januari 2022, 13:38 WIB
Kemenangan Hawks ini sekaligus memberi kekalahan beruntun kedua bagi Bucks di State Farm Arena, Atlanta pada Senin (17/1) malam...
AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Schumacher Ingin Tampil Lebih Baik di Formula 1 Musim 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:30 WIB
Haas telah menyiapkan mobil baru untuk musim 2022, itu tentu dapat menjadi kesempatan bagi Schumacher untuk mencetak lebih banyak poin,...
ANTARA/HO-Kemenpora

Indonesia Segera Bebas dari Sanksi WADA, LADI Janji Benahi Manajemen Internal

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:18 WIB
LADI juga kini sudah mengikuti perencanaan pengujian doping sesuai dengan standarisasi WADA sehingga diharapkan insiden sanksi WADA tak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya