Rabu 01 Desember 2021, 20:13 WIB

Pemkot Bandung Genjot Vaksinasi Bagi Lansia

Naviandri | Nusantara
Pemkot Bandung Genjot Vaksinasi Bagi Lansia

DOK MI
Seorang lansia menjalani vaksinasi covid-19.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat menargetkan cakupan vaksinasi Covid-19 bisa mencapai 100 persen jelang libur Natal dan  Tahun Baru (Nataru) 2022. Upaya ini dilakukan agar tujuan terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity bisa dicapai di awal tahun 2022.

Namun yang menjadi persoalan adalah vaksinasi bagi lansia yang baru mencapai 77,03 persen. "Dibandingkan kelompok usia lainnya, kelompok lansia yang masih menjadi PR buat kita, karena baru mencapai 77,03 persen. Padahal kita tahun lansia sangat rawan terpapar dibandingkan kelompok usia lainnya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani Apip, Rabu (1/12)

Lebih jauh, kelas Rosye, berdasarkan data, dari target 1.952.358 orang, 29 November kemarin, 98,24 persen telah selesai menerima vaksin dosisi ke-1. Sementara untuk dosis ke-2 masih diangka 86,02 persen, dan untuk booster ketiga bagi SDM kesehatan sudah 100 persen memenuhi target.

"Kita kembali meminta bagi masyarakat Kota Bandung maupun luar Kota Bandung yang beraktivitas atau menetap di Kota Bandung, untuk segera mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan layanan vaksin,"  ucapnya.

Meski saat ini kasus covid-19 di Kota Bandung sudah cukup terkendali, Dinkes Kota Bandung tetap melaksanakan pengawasan baik itu melalui tracing, testing dan treatment (3T). "Apalagi kita belum teruji dengan libur Nataru karena peningkatan kasus luar biasa itu terjadi setelah Nataru tahun kemarin, sehingga saat ini pemerintah pusat melakukan warning luar biasa," tuturnya.

Selain itu Dinkes Kota Bandung akan kembali melakukan surveilans atau test acak kepada kelompok-kelompok tertentu. Setiap harinya ada 4000-5000 test dan pihaknya tidak akan melonggarkan tracing, testing karena itu kunci utama.

Seperti diketahui, pemerintah pusat berencana memberlakukan PPKM Level III di seluruh Indonesia pada 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Namun hingga saat ini pemerintah kab/kota masih  menunggu terkait aturan tersebut.

Kepala Seksi Survilan dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung, Girindra Wardhana mengatakan, selain mencegah terjadinya lonjakan kasus tentu saja pemerintah harus mencegah masuknya virus varian baru omicron. "Di Kota Bandung ada pengaturan pintu masuk luar negeri yaitu di Bandara Husein Sastranegara. Itu ada SOP-nya tersendiri dan diatur oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan," ucapnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

51.606 Anak Jadi Sasaran Vaksinasi di Aceh Timur

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:46 WIB
Pemkab Aceh Timur menargetkan seribu anak yang ikut vaksinasi setiap...
MI/BAYU ANGGORO

Pemprov Jawa Barat Promosikan Kemandirian Pesantren Lewat Film Televisi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:35 WIB
Lokasi pengambilan gambar FTV ini dipilih di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Ciwidey, di Kabupaten Bandung, sebuah pesantren yang mandiri,...
Antara

Polisi Bongkar Praktik Tes Covid-19 Palsu di Makassar

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:33 WIB
Biaya yang dipatok untuk tes PCR antara Rp700 ribu hingga Rp900...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya