Kamis 02 Maret 2023, 00:04 WIB

Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Polda Metro Jaya Ungkap Penyelundupan Narkotika melalui Barang Penumpang

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Polda Metro Jaya Ungkap Penyelundupan Narkotika melalui Barang Penumpang

Dok. Bea Cukai
Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Polda Metro Jaya Ungkap Penyelundupan Narkotika melalui Barang Penumpang

 

PETUGAS gabungan Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai dan Ditserse Narkoba Polda Metro Jaya mengungkap penyelundupan narkotika dengan mekanisme importasi barang bawaan penumpang dalam joint operation Bea Cukai Soekarno-Hatta. Total barang bukti yang disita petugas sejumlah 2.030 ml cairan mengandung narkotika golongan I jenis kokain dengan modus disembunyikan pada botol kemasan peralatan mandi (false concealment).

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-HattaGatot Sugeng Wibowo mengatakan penindakan dilakukan terhadap WNA asal Brazil pada saat ketibaanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada tanggal 1 Januari 2023. 

“Penindakan bermula dari kecurigaan petugas Bea Cukai terhadap barang bawaan pelaku berinisial GPS yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari penerbangan dengan rute Rio De Jainero-Doha-Jakarta pada pukul 07.30 WIB. GPS diketahui membawa tas punggung, tas koper, dan sebuah papan selancar. Ketika dilakukan pemeriksaan, kecurigaan petugas bertambah kuat karena GPS bersikap resisten dan cenderung agresif. Atas dasar kecurigaan tersebut, petugas kemudian mengarahkan GPS ke ruang pemeriksaan untuk dilakukan pemeriksaan mendalam,” ungkap Gatot, Rabu (1/3).

Saat memeriksa bawaan penumpang, petugas mendapatkan enam botol perlengkapan mandi berisi cairan seberat 2.030 ml dengan bau, warna, dan karakteristik yang mencurigakan. Petugas pun menguji cairan tersebut dengan uji bakar yang menghasilkan dua lapisan berwarna bening dan putih. 

Baca juga : Bea Cukai dan Polri Gagalkan Penyelundupan 200 Kilogram Sabu di Perairan Aceh

Dari pengujian terhadap dua lapisan tersebut dengan alat deteksi dan uji laboratorium didapatkan hasil positif narkotika golongan I jenis kokain pada lapisan bening, sedangkan lapisan putih berisi kandungan kimia gliserol yang digunakan sebagai pengikat cairan kokain tersebut.

“Menurut pengakuan dan hasil pemeriksaan yang bersangkutan, GPS diketahui tidak memiliki pekerjaan tetap. Kedatangannya ke Indonesia diakui untuk berlibur ke Bali. GPS juga menerangkan bahwa ia diminta untuk membawa kokain cair tersebut ke Indonesia oleh jaringan Amerika Latin – Timur Tengah dan akan dihubungi setibanya di Indonesia. Atas temuan tersebut, Bea Cukai Soekarno-Hatta menyerahkan pelaku dan barang bukti kepada Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya untuk penyelidikan lebih lanjut," lanjut Gatot.

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup. Dari penindakan ini, petugas menyelamatkan 10.150 orang generasi bangsa dari penyalahgunaan narkotika dan meminimalisir biaya rehabilitasi kesehatan pemerintah sebesar Rp21.061.250.000,00. 

“Bea Cukai bersama aparat penegak hukum lainnya berkomitmen untuk terus melindungi masyarakat Indonesia dari pemasukan, peredaran, dan dan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan prekursor. Bea Cukai Soekarno-Hatta senantiasa mendukung sinergi antaraparat penegak hukum guna mewujudkan Indonesia sehat dan bebas dari narkotika, serta mengimbau pada masyarakat untuk senantiasa menjauhkan diri dari bahaya narkotika demi generasi penerus bangsa Indonesia yang sehat dan bermasa depan baik,” pungkas Gatot. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Santri Dukung Ganjar

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, SDG Gelar Kreasi Santri di Ponpes Al-Aqsha

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 31 Maret 2023, 02:48 WIB
Kreasi santri kali ini meliputi lomba cerdas cermat, sambung ayat, dan kuis...
Ist

Pameran The Society Indonesia Hadirkan Beragam Brand Eksklusif

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 31 Maret 2023, 00:31 WIB
Acara ini akan menampilkan merek-merek barang mewah terbaik di dunia, memberikan kesempatan langka bagi para pecinta Luxury Things untuk...
Ist

Dermies Max by Erha Hadir Lebih Modern di Puri Indah Mall

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 31 Maret 2023, 00:25 WIB
Setelah hadir di Jakarta, Bandung, Tangerang, dan Bogor, kini Dermies Max by Erha kini hadir dengan konsep terbaru yang lebih modern di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya