Senin 24 Mei 2021, 13:04 WIB

Anies Enggan Komentar Soal Gratifikasi Rumah Mewah

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Enggan Komentar Soal Gratifikasi Rumah Mewah

ANTARA FOTO/M Risyal H
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan enggan berkomentar jauh soal gratifikasi berupa rumah mewah yang diisukan diterimanya dari hasil izin reklamasi yang ia terbitkan untuk PT Taman Impian Jaya Ancol seluas 155 hektare di Jakarta Utara.

Ditemui di Balai Kota DKI Jakarta usai agenda pencanangan HUT ke-494 Jakarta, Anies justru meminta awak jurnalis untuk membuktikan tuduhan yang ia anggap tak berdasar itu.

"Ini saatnya teman-teman media untuk memiliki kesempatan kritis, dicari rumahnya, alamatnya, nomor rumahnya. Jadi beritanya lengkap. Ini kesempatan untuk teman-teman untuk menunjukkan berita ini sahih atau tidak sahih. Karena tanggung jawab penulis berita adalah membuat bukti atas berita yang ditulis," kata Anies, Senin (24/5).

Baca juga: Soal Isu Gratifikasi Anies, Gerindra: Sudah Biasa Dituduh

Sementara itu, ia menegaskan tak perlu membuktikan apa-apa atas tuduhan menerima gratifikasi itu. Ia malah balik meminta agar pembuat isu tersebut yang membuktikan kebenaran pernyataan itu.

"Kalau yang disebutkan kan saya tidak perlu membuktikan tapi yang menuduh (yang membuktikan). Begitu ya," tukasnya.

Sebelumnya, isu penerimaan gratifikasi itu pertama kali dicuit oleh Denny Siregar di Twitter. Melalui akun @Dennysiregar7 ia menuliskan kalimat "Ada isu @aniesbaswedan terima hadiah rumah dari pengembang reklamasi. Ah, yang benar?".

Isu itu kemudian dibantah keras oleh anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Pencegahan Korupsi Tatak Ujiyati juga melalui Twitter. Ia menegaskan pengembang properti Australia Crown Grup sudah membangun dan menjual properti di Ancol sejak 201. Sementara izin reklamasi untuk pengembangan properti di kawasan Ancol baru terbit pada 2020.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Pembangunan Berkelanjutan Dapat Ciptakan Jakarta Nyaman Dihuni

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 00:36 WIB
Widi menjelaskan, Jakpro sebagai perusahaan yang peduli terhadap pembangunan lingkungan berkelanjutan telah berkontribusi pada tujuh proyek...
DOK Pemkot Tangsel

Dispora Tangsel Beri Apresiasi Kepada Pembina Pramuka

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 23:17 WIB
BERTEMPAT di ruang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) Banten, Kamis (2/12), sejumlah...
Antara/M. Risyal Hidayat

Hadapi Ancaman Varian Covid-19 Omicron, Wagub DKI Jamin Kesiapan Faskes 

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:11 WIB
"Kita juga terus meningkatkan 3T. Di samping berbagai fasilitas yang ada, seperti rumah sakit rujukan, tenaga kesehatan, pengobatan....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya