Kamis 10 September 2020, 12:30 WIB

Covid-19 Sudah Darurat, Anies Perlu Turunkan TNI/Polri

Hilda Julaika | Megapolitan
Covid-19 Sudah Darurat, Anies Perlu Turunkan TNI/Polri

MI/ BARY FATHAHILAH
Polisi memberikan imbauan dan teguran kepada pengendara yang tidak memakai masker saat PSBB

 

DKI Jakarta terpaksa harus kembali menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat. Kebijakan ini dilakukan lantaran peningkatan kasus covid-19 yang sudah semakin menghawatirkan.

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menyebut Jakarta sudah dalam kondisi yang darurat. Pihaknya menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah seharusnya melakukan pengawasan yang ketat dan penegakan sanksi pada pelanggar protokol kesehatan.

Trubus bahkan menyarankan Gubernur DKI Jakarta untuk meminta bantuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri. TNI dan Polri, imbuhnya, sudah mendesak untuk dilibatkan. Ditambah lagi saat ini warga Jakarta sudah tak peduli lagi dengan protokol kesehatan sehingga akan kaget kembali saat PSBB ketat diberlakukan pada Senin (14/9) mendatang.

Baca juga: Anies Minta Wilayah Penyangga Jakarta Juga Berlakukan PSBB Total

“Ya kondisinya seperti ini sudah harus diturunkan. Sudah mendesak. Sebenarnya tepat juga dilakukan kalau PSBB Transisi, tapi kalau sekarang kembali ke PSBB awal dan kalau kita petugas yang sekarang gak mampu, maka perlu melibatkan TNI/Polri,” ujar Trubus, Kamis (9/9).

Menurutnya, penerapan PSBB ketat ini tidak akan pernah efektif jika pengawasan masih seperti sekarang. "Mengingat luasnya wilayah DKI Jakarta dan keterbatasan personel seperti Satpol PP, sehingga kalau ingin efektif bisa melibatkan personil TNI/Polri," tambahnya.

Hal ini sudah diatur di Instruksi Presiden (Inpres) No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019

“Untuk melibatkan TNI/Polri sesuai dengan Inpres No. 6 Tahun 2020 bisa menugaskan ke TNI/Polri. Cuma harus koordinasi dengan pusat dulu Pemprov-nya untuk melibatkan TNI dalam melakukan pendisiplinan nasional,” sarannya.

Trubus menambahkan bahwa seluruh upaya itu harus dibarengi monitoring dan evaluasi yang ketat. Pemprov DKI, lanjutnya, harus rutin memantau dan memetakan wilayah mana saja yang masih rawan covid-19.

"Oleh karena itu, penegakan disiplin harus dilaksanakan supaya masyarakat jera," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

dok twitter@neirajcqs.

Kasus Tak Kunjung Diproses, Korban KDRT Ngadu ke Kapolda Metro

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 25 Januari 2022, 09:02 WIB
PEREMPUAN bernama Neira Jacqueline menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) selama empat tahun yang dilakukan...
ANTARA FOTO

Jakarta Tetap PPKM Level 2, Kemendagri Minta Vaksinasi Terus Dikebut

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 25 Januari 2022, 08:49 WIB
Pemerintah daerah diharap bisa melakukan akselerasi vaksinasi booster di kabupaten/kota yang tingkat capaian vaksinnya sudah...
dok.ant

Jakarta Kemungkinan PPKM Level 3, Wagub DKI: Kita Laksanakan Keputusan Pusat

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 25 Januari 2022, 07:30 WIB
WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menegaskan soal kemungkinan Jakarta akan naik ke PPKM Level 3, terserah keputusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya