Kamis 10 Februari 2022, 22:04 WIB

Terima Menhan Prancis, Retno Bahas Isu Pertahanan Hingga Indo-Pasifik 

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Terima Menhan Prancis, Retno Bahas Isu Pertahanan Hingga Indo-Pasifik 

Dok. Kemenlu
Pertemuan Menlu RI Retno Marsudi dengan Menhan Prancis Florence Parly

 

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri pada Kamis (10/2). Menteri Parly berada di Indonesia dalam rangka melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Mengawali pertemuan, Parly menekankan pentingnya peran Indonesia di kawasan dan menyampaikan komitmen untuk terus memperkuat hubungan bilateral dengan Indonesia. 

Terkait dengan Uni Eropa, saat ini Perancis memegang presidensi Uni Eropa. Indonesia mengharapkan terjadinya perkembangan signifikan dalam perundingan Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) selama presidensi Perancis. 

Retno kembali menyampaikan perhatiannya mengenai diskriminasi yang diberlakukan terhadap kelapa sawit Indonesia. 

“Indonesia mengharapkan fair treatment dalam menjalankan perdagangan,” kata Kementerian Luar Negeri dalam pernyataan tertulisnya. 

Kedua Menteri juga melakukan tukar pandangan mengenai kerja sama di Kawasan Indo-Pasifik. Kedua pihak memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya terciptanya perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan Kawasan Indo-Pasifik. 

Baca juga : Kemenlu Pastikan WNI di Ukraina dalam Keadaan Aman 

Dalam kaitan ini, Retno menyampaikan kembali prinsip-prinsip ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik, termasuk masalah inklusifitas dan pentingnya kerjasama di empat bidang prioritas, yaitu kerjasama maritim, konektivitas, pencapaian SDGs dan perdagangan investasi. 

Prinsip-prinsip itu akan dikemukakan kembali oleh Menlu Retno pada saat menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Indo-Pasifik yang akan diadakan di Paris pada minggu ketiga bulan Februari 2022. 

“Kerja sama konkrit inilah yang penting untuk terus dikedepankan,” ujar Menlu Retno. 

Kerja sama konkrit inilah yang juga akan menjadi modal awal pada saat kedua pihak melakukan Pertemuan 2+2 (Menlu-Menhan) di masa mendatang. 

Mengenai kerjasama pertahanan, mengulangi apa yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat menerima kunjungan kehormatan Parly, Retno menyampaikan pentingnya mengembangkan kerja sama jangka panjang yang memiliki nilai strategis, seperti pengembangan bersama, produksi bersama alat-alat pertahanan, latihan bersama, alih teknologi dan investasi di bidang industri. 

Menutup pertemuan, kedua Menteri sepakat untuk terus melakukan komunikasi. Parly juga mengundang Retno untuk berkunjung ke Kementerian Pertahanan Perancis pada saat berada di Paris bulan ini. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Ukraina Bersukacita Usai Kuasai Kembali Pulau Ular

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:03 WIB
"KABOOM! Tidak ada lagi pasukan Rusia di Pulau Ular. Angkatan Bersenjata kami melakukan pekerjaan dengan...
AFP/Alexey DRUZHININ / SPUTNIK

Sebelum Temui Putin, Jokowi Diharuskan Tes PCR

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:58 WIB
Menurut dia Jokowi juga akan rehat sejenak usai dites PCR. Sore harinya, Jokowi baru akan memasuki Kremlin untuk mengikuti serangkaian...
AFP/Menahem Kahana.

Mantan Jurnalis, Calon PM Israel Yair Lapid Punya Putri Autis

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:50 WIB
Sebagai menteri keuangan, Lapid menolak mobil dan sopir yang ditawarkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya