Sabtu 04 Desember 2021, 08:36 WIB

Israel Lepaskan Jenazah Warga Palestina setelah Ditahan 18 Bulan

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel Lepaskan Jenazah Warga Palestina setelah Ditahan 18 Bulan

AFP/Ahmad Gharabli.
Pekerja Israel menghancurkan rumah kayu milik keluarga Palestina yang menurut otoritas pendudukan dibangun tanpa izin.

 

OTORITAS pendudukan Israel, Jumat (3/12), menyerahkan jenazah Mohammad Damer Matar kepada keluarganya untuk penguburan yang layak. Penyerahan ini baru dilakukan sekitar 1,5 tahun setelah dia ditembak mati oleh pasukan pendudukan Israel.

Jenazah Matar dilepaskan oleh militer pendudukan Israel dan diserahkan kepada keluarganya melalui Bulan Sabit Merah Palestina (RRT) di pos pemeriksaan militer Ni'lin, di sebelah barat Ramallah di Tepi Barat yang diduduki. Kabar ini dilansir kantor berita Palestina, Wafa.

Matar, yang berasal dari desa Deir Abu Mesh'al di Tepi Barat, ditembak mati oleh tentara pendudukan Israel di dekat kampung halamannya bersama dengan dua warga Palestina lain pada Agustus 2020. Jenazahnya telah ditahan oleh tentara pendudukan sejak saat itu.

Selama empat tahun terakhir, otoritas pendudukan Israel telah meningkatkan praktik menahan jenazah warga Palestina yang dibunuh oleh pasukan pendudukan Israel. Mereka mengeklaim bahwa pemakaman warga Palestina telah memberikan alasan untuk menebarkan hasutan terhadap Israel.

Israel telah lama dikecam oleh para pembela hak asasi manusia karena kebijakannya menahan jenazah warga Palestina yang dibunuh oleh pasukannya selama dugaan serangan terhadap warga Israel.

Baca juga: Gereja Swedia Selidiki Tindakan Apartheid oleh Israel di Palestina

Puluhan warga Palestina yang dibunuh oleh pasukan Israel masih ditahan di kamar mayat Israel meskipun ada seruan dari kelompok hak asasi manusia di Israel untuk membebaskan mereka. (OL-14)

Baca Juga

officesnapshots.com

Roche Kembangkan Alat Tes untuk Deteksi Cacar Monyet

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:05 WIB
Ada lebih dari 200 kasus suspek atau terkonfirmasi cacar monyet di Eropa dan Amerika Utara, demikian menurut Organisasi Kesehatan Dunia...
AFP/Robert CHIARITO

Dua Tahun Tragedi Floyd, Biden Reformasi Kepolisian

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:42 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif yang dia janjikan akan mengantarkan reformasi polisi paling...
AFP/Olga Maltseva.

Ukraina Berikan Pesan Mundur dari Mauripol untuk Menang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 13:16 WIB
Pesan simbolik yang muncul dari kekalahan Ukraina di Mauripol bukan wajah para pejuang garnisun Mariupol yang putus asa dan lelah karena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya