Selasa 09 November 2021, 13:49 WIB

PM Palestina Serukan Kongres AS untuk Akui Negara Palestina

 Nur Aivanni | Internasional
PM Palestina Serukan Kongres AS untuk Akui Negara Palestina

Ist/Chinadialiy.com
Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammed Ishtaye.

 

PERDANA Menteri (PM) Palestina Mohammed Ishtaye, pada Senin (8/11), meminta Kongres Amerika Serikat (AS) untuk mengakui negara Palestina merdeka berdasarkan perbatasan 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Dalam pernyataan pers yang dikeluarkan pada akhir pertemuan dengan delegasi anggota Kongres AS yang dipimpin oleh Senator Ben Cardin, Ishtaye meminta anggota kongres AS untuk bekerja mengubah undang-undang Amerika yang menghubungkan Otoritas Nasional Palestina (PNA) dan Organisasi Pembebasan Palestina dengan terorisme.

Pernyataan itu mengatakan Ishtaye membahas dengan delegasi masa depan proses perdamaian Israel-Palestina di tengah upaya pemerintah Israel untuk merusak solusi dua negara dengan mempertahankan pendudukan Israel dan melanggar hak-hak Palestina.

Dia juga meminta AS untuk mengimplementasikan janji yang dibuatnya kepada Palestina, terutama membuka kembali konsulat AS di Yerusalem Timur.

Dia juga mendesak tamunya untuk membantu mengekang kebijakan pemukiman Israel.

"Bagaimana kita bisa terus berbicara tentang solusi dua negara ketika ada 720.000 pemukim di tanah negara Palestina, dan program pemukiman terus berlanjut?" tanyanya. "Ada 62% dari tanah Palestina di bawah kendali langsung Israel," tambahnya.

Ishtaye juga meminta delegasi untuk menekan Israel agar mengizinkan PNA mengadakan pemilihan umum di semua wilayah Palestina, termasuk Yerusalem Timur.

Israel menduduki Tepi Barat dan Yerusalem Timur, yang diklaim oleh Palestina, dalam perang Timur Tengah 1967, dan telah mengendalikan mereka sejak saat itu.

Orang-orang Palestina telah berusaha untuk mendirikan negara Palestina di wilayah-wilayah tersebut bersama-sama dengan Jalur Gaza. (Xinhua/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli.

Ketua Parlemen Turki Kutuk Pengusiran Warga Palestina oleh Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:11 WIB
Sentop menyatakan bahwa serangan terhadap status demografis dan hukum Jerusalem menjadi hambatan terbesar untuk mencari solusi dan...
AFP/Hazem Bader.

Israel Paksa Keluarga Palestina Angkat Kaki dari Rumah Mereka

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 21:00 WIB
Ratusan rumah Palestina di kota itu berada di bawah ancaman penggusuran paksa dan pembongkaran dengan dalih pembangunan tanpa...
 Fabrice COFFRINI / AFP

Tedros Jadi Calon Tunggal untuk Kembali Pimpin WHO

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 25 Januari 2022, 16:11 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, dokter spesialis malaria berusia 56 tahun itu telah menerima banyak pujian atas caranya memimpin WHO...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya