Selasa 02 November 2021, 06:39 WIB

Jokowi Ingin Kerja Sama di Sektor Ekonomi Hijau dengan Inggris

Basuki Eka Purnama | Internasional
Jokowi Ingin Kerja Sama di Sektor Ekonomi Hijau dengan Inggris

AFP/Stefan Rousseau
Presiden Joko Widodo (kiri) bertemu dengan PM Inggris Boris Johnson di sela-sela COP26.

 

PRESIDEN Joko Widodo menginginkan kerja sama dengan Inggris berfokus pada sektor ekonomi hijau, seperti investasi dan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan untuk transisi ekonomi.

"Saya ingin memfokuskan hubungan kita pada kerja sama ekonomi hijau. Investasi hijau dan teknologi yang terjangkau adalah kunci transisi ekonomi," ujar Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson di sela Konferensi Para Pihak (Conference of Parties/COP) 26 mengenai perubahan iklim, di Glasgow, Skotlandia, Senin (1/11), sebagaimana keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden, diterima di Jakarta, Selasa (2/11).

Sebelum bertemu secara bilateral di KTT COP 26, Presiden Jokowi dan PM Johnson telah berkomunikasi melalui telepon pada 25 Oktober 2021.

Baca juga: Solidaritas Global Kunci Atasi Perubahan Iklim

Sementara itu, PM Johnson menyampaikan ketertarikan Inggris untuk melakukan investasi di Indonesia dengan prioritas untuk mendukung transisi ekonomi Indonesia.

Kepada Presiden Jokowi, PM Johnson menyatakan pentingnya dukungan berupa investasi di sektor ekonomi hijau kepada Indonesia, dukungan bank pembangunan mulltilateral (multilateral development banks), dan teknologi hijau yang terjangkau.

Oleh karena itu, Inggris, kata PM Johnson, akan mempersiapkan kredit ekspor untuk kerja sama transisi ekonomi dengan Indonesia.

Pertemuan bilateral kedua pemimpin negara tersebut akan ditindaklanjuti dengan pertemuan teknis guna membuat daftar kerja sama yang diprioritaskan serta model pendanaan yang dibutuhkan.

Komitmen PM Johnson ini sejalan dengan komitmen para investor seperti terlihat dalam CEOs Forum yang berlangsung, Senin (1/11) waktu setempat. (Ant/OL-1)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

AS-Korsel Serukan Jaga Kawasan Indo-Pasifik Tetap Bebas dan Terbuka

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:46 WIB
Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol bersepakat kawasan Indo-Pasifik tetap bebas dan terbuka serta...
AFP/Nicholas Kamm.

Kepala HAM PBB akan Lakukan Perjalanan Penting ke Xinjiang Tiongkok

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:16 WIB
Misi selama enam hari Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Michelle Bachelet itu menyusul permintaan bertahun-tahun untuk akses yang bermakna...
UKRAINIAN INTERIOR MINISTRY PRESS SERVICES/AFP.

8 Orang Terluka dalam Serangan Rusia di Pusat Budaya Ukraina

👤Nur AivanniĀ  🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:30 WIB
Gubernur regional Kharkiv Oleg Sinegubov mengatakan delapan orang terluka, termasuk seorang gadis berusia 11...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya