Kamis 07 Oktober 2021, 14:36 WIB

Menlu AS-Rusia Bahas Kesepakatan Nuklir Iran Via Telepon

Nur Aivanni | Internasional
Menlu AS-Rusia Bahas Kesepakatan Nuklir Iran Via Telepon

medcom.id
Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

 

MENTERI Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membahas kesepakatan nuklir Iran melalui sambungan telepon pada Rabu (6/10).

Dalam sebuah pernyataan, Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Blinken dan Lavrov sepakat tentang pentingnya kembali saling mematuhi antara Iran dan AS dengan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA).

Kedua diplomat top itu juga menekankan pentingnya koordinasi yang berkelanjutan mengenai topik-topik terkini dalam hubungan bilateral.

Panggilan itu datang pada hari yang sama dengan pertemuan Lavrov dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian di Moskow. Kedua belah pihak juga sepakat bahwa negosiasi kesepakatan nuklir Iran dalam format Wina harus dilanjutkan sesegera mungkin.

Baca juga:  Iran Harap Perundingan Nuklir Dimulai, Rusia Desak AS Kembali

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menjamu rekannya dari Israel Eyal Hulata di Gedung Putih pada Selasa. Sullivan menegaskan kembali bahwa pemerintahan Joe Biden percaya diplomasi adalah jalan terbaik untuk menahan program nuklir Iran.

Komisi Bersama JCPOA, yang dihadiri oleh delegasi AS secara tidak langsung, mulai bertemu secara offline pada 6 April di Wina. Setelah enam putaran pembicaraan yang berakhir pada 20 Juni, Washington dan Teheran masih memiliki perbedaan serius mengenai bagaimana memulihkan kesepakatan nuklir itu.

Mantan pemerintahan Donald Trump menarik diri dari perjanjian 2015 pada Mei 2018 dan secara sepihak memberlakukan kembali sanksi lama dan baru terhadap Iran. Menanggapi itu, Iran secara bertahap berhenti menerapkan sebagian dari komitmennya terhadap kesepakatan itu sejak Mei 2019.(Xinhua/OL-5)

Baca Juga

AFP

Biden Akan Bahas Ukraina dengan Sekutu NATO

👤Nur Aivanni 🕔Kamis 09 Desember 2021, 08:25 WIB
Presiden AS Joe Biden menelepon anggota NATO Eropa Timur pada Kamis (9/12) untuk membahas KTT-nya secara daring dengan Presiden Rusia...
DOK Salesforce.

Salesforce Donasikan Rp7,2 Miliar untuk UNICEF di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Desember 2021, 07:48 WIB
UNICEF akan menggunakan bantuan dari Salesforce untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat terdampak di Indonesia, khususnya perempuan...
AFP/Daniel LEAL

Inggris Perketat Pembatasan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 09 Desember 2021, 06:37 WIB
Johnson mengatakan tingkat kasus covid-19 varian Omicron berlipat ganda setiap dua hingga tiga hari sehingga mengancam daya tampung rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya