Jumat 03 September 2021, 22:27 WIB

Serangan Israel Targetkan Kelompok Pro-Iran di Suriah

Mediaindonesia.com | Internasional
Serangan Israel Targetkan Kelompok Pro-Iran di Suriah

AFP/Jalaa Marey.
Tentara Israel mengikuti latihan militer di dekat perbatasan dengan Suriah, Dataran Tinggi Golan yang dicaplok Israel, pada 18 Agustus 2021.

 

SERANGAN rudal Israel menghantam posisi militer yang digunakan oleh kelompok-kelompok pro-Iran di dekat ibu kota Suriah, Damaskus, semalam, kata seorang pemantau perang, Jumat (3/9).

"Serangan di pinggiran Barzeh dan Jamraya menargetkan posisi militer rezim Suriah yang digunakan oleh kelompok pro-Iran untuk menyimpan dan mengembangkan senjata," kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Observatorium, yang berbasis di Inggris dan bergantung pada jaringan sumber di dalam Suriah untuk laporannya, mengatakan tidak dapat segera mengonfirmasi ada tidaknya korban. Kantor berita resmi SANA mengatakan pertahanan udara Suriah menembak jatuh sebagian besar rudal.

Baca juga: Pejabat Libanon Kunjungi Suriah Bahas Impor Gas

"Pertahanan udara tentara Suriah mencegat setelah tengah malam serangan rudal Israel di sekitar Damaskus," kata SANA. Serangan itu, imbuhnya, hanya menyebabkan kerusakan material.

Kantor berita itu menerbitkan gambar dan rekaman video yang muncul untuk menunjukkan pertahanan udara menanggapi serangan itu. Wartawan AFP mendengar ledakan keras di ibu kota Suriah.

Sejak pecahnya perang saudara Suriah pada 2011, Israel secara rutin melakukan serangan di Suriah. Sebagian besar serangan Israel menargetkan pasukan Hizbullah Libanon dan Iran serta pasukan pemerintah Suriah.

Baca juga: Serangan Israel di Suriah Tewaskan Empat Pejuang Pro-Iran

Tentara Israel jarang mengakui serangannya tetapi sering mengatakan tidak akan membiarkan Suriah menjadi benteng musuh bebuyutannya, Iran. Akhir bulan lalu, serangan Israel di dekat Damaskus menewaskan empat pejuang milisi pro-Iran. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Dunia Internasional Kecam Vonis Penjara Aung San Suu Kyi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:58 WIB
Suu Kyi telah ditahan sejak militer melakukan kudeta dan menggulingkan pemerintah sipil Myanmar pada 1 Februari...
Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya