Rabu 19 Mei 2021, 09:44 WIB

Prancis Usulkan Resolusi Gencatan Senjata Israel-Gaza di PBB

Nur Aivanni | Internasional
Prancis Usulkan Resolusi Gencatan Senjata Israel-Gaza di PBB

AFP/LUDOVIC MARIN
Presiden Prancis Emmanuel Macron

 

PRANCIS mengusulkan resolusi dengan Dewan Keamanan PBB, berkoordinasi dengan Mesir dan Yordania, yang menyerukan gencatan senjata dalam konflik Israel-Gaza. Hal itu disampaikan oleh kantor presiden pada Selasa (18/5) malam.

Presiden Prancis Emmanuel Macron dan mitranya dari Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang berada di Paris untuk KTT mengenai Afrika, kata pernyataan itu, menyetujui resolusi tersebut dalam konferensi video dengan Raja Yordania Abdullah II.

"Ketiga negara sepakat pada tiga elemen sederhana: Penembakan harus dihentikan, waktunya telah tiba untuk gencatan senjata dan Dewan Keamanan PBB harus menangani masalah tersebut," kata Istana Elysee.

Prancis, yang telah menyerukan gencatan senjata yang cepat selama beberapa hari, mengatakan mendukung mediasi yang dipimpin oleh Mesir.

Baca juga: Prancis Minta Polisi Larang Demonstrasi Pro-Palestina di Paris

Macron, pada Senin, menggarisbawahi pentingnya mediasi Mesir setelah pembicaraan di Paris dengan Sisi, sekutu utama dan klien pertahanan Prancis meskipun ada kekhawatiran para aktivis atas catatan hak asasi Kairo.

Dewan Keamanan PBB telah gagal mengadopsi deklarasi sederhana tentang konflik tersebut, dengan Amerika Serikat, sekutu setia Israel, telah menolak tiga draf pernyataan sebelumnya yang diusulkan oleh Tiongkok, Norwegia dan Tunisia yang menyerukan diakhirinya pertempuran itu.

Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun mengatakan bahwa selama pertemuan tertutup, para anggota mendengar proposal yang dibuat oleh Prancis di Dewan. Bagi Tiongkok, katanya, pihaknya mendukung semua upaya untuk memfasilitasi diakhirinya krisis dan kembalinya perdamaian di Timur Tengah.(AFP/OL-5) 

Baca Juga

AFP/Pedro Rocha.

Adu Argumen Anggota Parlemen Italia tentang RUU Homofobia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:55 WIB
Di Italia yang secara tradisional Katolik, Vatikan secara historis memiliki pengaruh besar, tetapi tetap relatif tenang ketika parlemen...
AFP/Alessandra Tarantino.

Vatikan Protes terhadap Rancangan UU Homofobia Italia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 23:48 WIB
Aturan itu berusaha menghukum tindakan diskriminasi dan hasutan untuk melakukan kekerasan terhadap kaum gay, lesbian, transgender, dan...
abc.net.au

Duterte Ancam Bakal Penjarakan Penolak Vaksin

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 21:00 WIB
Pernyataan Duterte bertentangan dengan pejabat pemerintah yang mengatakan bahwa meski masyarakat diminta untuk bersedia...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya