Kamis 26 November 2020, 11:13 WIB

AS Perpanjang Tenggat Penjualan Tiktok Hingga 4 Desember

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Perpanjang Tenggat Penjualan Tiktok Hingga 4 Desember

AFP/Olivier DOULIERY
Logo Tiktok terlihat di sebuah ponsel dengan latar belakang bendera AS.

 

KEMENTERIAN Keuangan Amerika Serikat (AS), Rabu (25/11), mengatakan memperpanjang tenggat penjualan Tiktok yang jatuh pada 27 November selama 7 hari.

"Komite Investasi Asing di AS (CFIUS) telah memberi perpanjangan selama sepekan untuk ByteDance, mulai dari 27 November menjadi 4 Desember agar CFIUS bisa mengevaluasi masukan yang diterima," ujar seorang juru bicara kementerian keuangan AS.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump mengungkapkan kekhawatiran pelanggaran keamanan nasional oleh Tiktok dan menuduh aplikasi itu digunakan pemerintah Tiongkok untuk melakukan kegiatan spionase. Pemerintah AS mengancam akan melarang aplikasi itu digunakan di 'Negeri Paman Sam'.

Baca juga: Presiden Meksiko Tolak Ucapkan Selamat untuk Biden

Ancaman larangan itu telah digugat ke pengadilan, termasuk sebuah kasus di Washington dan sebuah kasus di Pennsylvania yang membatalkan keputusan Trump pada 30 Oktober lalu. Pemerintah AS mengajukan banding atas keputusan pengadilan itu.

Trump mengklaim Tiktok, yang digunakan sekitar 100 juta warga AS, bisa digunakan untuk mengumpulkan data oleh pemerintah Tiongkok.

Gedung Putih mengatakan Tiktok harus menjadi perusahaan AS yang dikendalikan oleh investor dalam negeri agar terhindar dari ancaman blokir.

Namun, permintaan pemerintah AS itu kemungkinan ditentang oleh Beijing yang tidak akan dengan mudah melepaskan platform media sosial itu.

Kementerian Perdagangan Tiongkok, Agustus lalu, merilis aturan baru yang menambahkan 'penggunaan sipil' dalam jenis teknologi yang tidak bisa dijual ke pihak asing. Hal itu berarti ByteDance akan sulit menjual Tiktok. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Saudi Ministry of Hajj and Umra / AFP

Saudi Hanya Izinkan Calon Jamaah Haji yang Telah Divaksin Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Maret 2021, 11:40 WIB
Kementerian Kesehata Arab Saudi telah memutuskan bahwa hanya orang yang telah divaksinasi covid-19 yang diizinkan untuk mengikuti ibadah...
EVARISTO SA / AFP

Dalam Sehari, Brasil Catat Rekor 1.641 Kematian Akibat Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Maret 2021, 10:13 WIB
Negara dengan populasi 212 juta jiwa itu  telah mencatat total 257.361 orang meninggal dunia akibat...
AFP/Sai Aung Main

Inggris Lobi Dewan Keamanan PBB Untuk Bahas Myanmar

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 03 Maret 2021, 09:26 WIB
Inggris telah meminta pertemuan baru Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengenai Myanmar yang dilanda kudeta. Rencananya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya