Senin 11 April 2022, 16:50 WIB

Mudik Lebaran, Jasa Marga Terapkan Buka Tutup Rest Area

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Mudik Lebaran, Jasa Marga Terapkan Buka Tutup Rest Area

Antara
Foto udara simpang susun Jalan Tol Purbaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu di Cileunyi, Kabupaten Bandung.

 

PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana memberlakukan sistem buka tutup Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area selama mudik Lebaran 2022.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyatakan upaya itu untuk menghindari kerumunan pemudik, yang bakal singgah sementara di rest area.

"Karena yang mau pakai rest arean banyak. Bakal ada pembatasan termasuk buka tutup rest area," ujar Heru dalam konferensi pers, Senin (11/4).

Baca juga: Prediksi Jasa Marga, Lebih dari 2,5 Juta Kendaraan Mudik Lebaran Via Tol

Pihaknya mengimbau pemudik tidak berlama-lama di rest. Apabila hendak memesan makanan, bisa dengan cara dibungkus atau take away.

Jasa Marga memprediksi lebih dari 2,5 juta kendaraan melintasi jalan tol saat mudik Lebaran tahun ini. Heru meminta masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

"Pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik, tapi diingatkan protokol kesehatan tetap dijaga. Diharapkan, kondisi luar biasa ini juga disikapi pengguna jalan dengan persiapan luar biasa," papar Heru.

Baca juga: Ada 39 Kereta Api Tambahan Selama Periode Mudik Lebaran

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasamarga Related Business (JMRB) Tita Paulina Purbasari berjanji akan menambah jumlah rest area dari 27 tempat yang dikelola.

"Saat ini, untuk JMRB ada 27 rest area. Mulai dari Trans Jawa, Medan, Balikpapan, Samarinda dan lainnya. Belum semua rest area ada penginapan," kata Tita.

Dengan tidak disediakan tempat penginapan, masyarakat yang ingin mudik jarak jauh diminta untuk menjaga kondisi kesehatan. Sehingga, tidak mengantuk saat berkendara dan menumpuk di satu rest area dengan waktu yang lama.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...
MI/Susanto

Naib Amirul Hajj Minta Pemberangkatan Haji Tahun Depan Lebih Selektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:00 WIB
"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat...
ANTARA/Idhad Zakaria

Dokter Ingatkan Agar Segera Sikat Gigi Setelah Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:30 WIB
Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi lapisan lengket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya