Jumat 08 April 2022, 15:28 WIB

Ada 39 Kereta Api Tambahan Selama Periode Mudik Lebaran

Fetry Wuryasti | Humaniora
Ada 39 Kereta Api Tambahan Selama Periode Mudik Lebaran

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi

 

DIREKTUR Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan setelah terbitnya Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dari Satgas Covid-19, Ditjen Perkeretaapian sudah mengeluarkan juga aturan terkait dengan bagaimana penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2022 dalam kondisi pandemi pada SE 39 Tahun 2022 mengenai syarat syarat perjalanan terkait dengan kesehatan.

Aturan ini termasuk mengenai kapasitas yang masih di beberapa layanan Kereta Api masih dibatasi khususnya untuk di KRL Jabodetabek, yang secara konservatif masih dibatasi 60% kapasitas maksimum. Sementara untuk kereta yang lain sudah dibuka 100%.

Untuk mengantisipasi tingginya permintaan penumpang yang akan mudik dengan kereta api, lanjut Zulfikri, akan dimaksimalkan memaksimalkan pengoperasian armada yang ada. Selain memaksimalkan kereta-kereta yang reguler, akan ada kereta tambahan sebanyak 39 kereta yang disiapkan. Ini dalam rangka mengantisipasi permintaan 7,66 juta penumpang.

"Dari maksimalisasi rekayasa operasi dan armada, kereta api bisa mungkin menampung sekitar hampir 8 juta penumpang. Jadi sudah melebihi dari prediksi tadi potensi penumpang," kata Zulfikri, dalam Konferensi Pers Persiapan Transportasi Mudik Lebaran Tahun 2022, Jumat (8/4).

Dari 85 juta orang yang ingin melakukan perjalanan mudik, hampir 10% itu menggunakan kereta api. Zulfikri menghitung setidaknya akan ada 7,66 juta orang yang akan melakukan perjalanan dengan kereta api, di luar kereta KRL Jabodetabek. Angka ini meningkat dari 6,85 juta penumpang di 2019.

"Jumlah itu adalah yang akan berangkat antar kota dan juga kereta lokal," kata Zulfikri.

Baca juga: 85,5 juta orang Akan Mudik, 47% bakal Gunakan Kendaraan Pribadi

Kereta lokal akan banyak digunakan para masyarakat untuk mudik, seperti kereta lokal di Jawa Tengah itu ada kereta lokal yang melayani Joglosemarkerto, dari Semarang ke Jogja lalu Solo sampai ke Purwokerto dan juga kembali lagi ke Tegal dan Semarang. Selain itu juga ada kereta dari Merak ke Rangkasbitung di Banten yang juga banyak digunakan oleh pemudik.

Sejauh ini, untuk persiapan angkutan lebaran, ditjen kereta api telah melakukan serangkaian kegiatan ramp check baik untuk sarana kereta api, prasarana, sumber daya manusia yang akan melayani pemudik.

"Kami sudah ramp check terhadap pelayanan standar pelayanan minimum di stasiun dan di atas kereta, sejak 15 Maret, dilakukan di 138 stasiun dan juga 91 kereta," kata Zulfikri.

Terkait keselamatan, Ditjen Perkeretaapian tengah menyiapkan juga surat edaran untuk masalah perlintasan sebidang. Sebab sejalan dengan meningkatnya perjalanan kereta api nanti di masa mudik, untuk mengantisipasi permintaan yang cukup tinggi, lalu lintas jalan juga juga akan semakin meningkat.

Oleh karena itu perlu antisipasi menjaga perlintasan perlintasan sebidang, yang selama ini cukup bermasalah. "Kami akan mengeluarkan SE ini, khususnya untuk para operator KAI dan pemerintah daerah dalam rangka menjaga perlintasan sebidang, yang tidak terjaga," kata Zulfikri. (OL-4)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

DPR Pesimistis Usulan Biaya Haji 2023 ada Penurunan

👤Dinda Shabrina 🕔Senin 06 Februari 2023, 19:05 WIB
Iskan menyebut sejauh ini pembahasan soal desain anggaran perjalanan haji masih...
Ist/Sinar Mas Land

Pelatihan Program Berantas Buta Al-Qur’an 2022 Dikuti 150 Ustaz dan Guru Ngaji

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:17 WIB
Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land memberikan pelatihan atau Training of Trainers (ToT) cara cepat membaca...
Ist/Sinar Mas Land

Yayasan Muslim Sinar Mas Land Gelar Program Berantas Buta Al-Qur’an

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:09 WIB
Di bulan suci ini, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menginisiasi sebuah program cara cepat membaca...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya