Senin 11 April 2022, 14:06 WIB

Prediksi Jasa Marga, Lebih dari 2,5 Juta Kendaraan Mudik Lebaran Via Tol

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Prediksi Jasa Marga, Lebih dari 2,5 Juta Kendaraan Mudik Lebaran Via Tol

Antara
Foto udara kendaraan terjebak macet di Pintu Tol Cikupa, Tangerang, Banten.

 

VOLUME kendaraan lewat tol saat mudik Lebaran tahun ini diperkirakan lebih tinggi dari 2019. Tepatnya, setelah dua tahun pembatasan mudik atau pulang kampung akibat pandemi covid-19.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa sebanyak 2,5 juta kendaraan tercatat mudik Lebaran via tol pada 2019.

Baca juga: Puncak Mudik Diprediksi 29 April dan Puncak Arus Balik 8 Mei

"Di 2022, diprediksi tidak hanya naik dari 2021, tapi akan melebihi volume pada 2019, atau lebih dari 2,5 juta kendaraan," papar Heru dalam konferensi pers, Senin (11/4).

Selama pandemi covid-19, lanjut dia, terjadi penurunan volume kendaraan. Itu berdasarkan data yang dihitung Jasa Marga di tengah pembatasan aktivitas.

Heru menyebut volume kendaraan saat arus mudik pada 2020 anjlok 40% dibanding 2019, yakni sekitar 900 ribu unit. Lalu pada 2021, jumlah kendaraan masih turun dibandingkan 2019, yaitu dengan 1,4 juta kendaraan.

Baca juga: Soal Skenario Lalin Mudik, Menhub: One Way Hingga Ganjil Genap

Adapun puncak arus mudik diperkirakan Jasa Marga terjadi pada 29 April. Kemudian, puncak arus balik  pada 8 Mei. Heru mengimbau pengguna jalan untuk menghindari periode puncak arus mudik maupun arus balik.

"Kami harapkan pengguna jalan tidak melakukan perjalanan pada tanggal tersebut, supaya distribusinya lebih tersebar merata," pungkas Heru.(OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoiruna

BMKG : Perubahan Iklim Makin Mengkhawatirkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:47 WIB
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati menyebut laju peningkatan suhu permukaan di Indonesia...
Antara

Empat Provinsi Rawan Karhutla Telah Berstatus Siaga

👤Dinda Shabrina 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:01 WIB
Empat provinsi rawan karhutla itu antara lain Kalimantan Barat, Riau, Sumatra Utara dan Papua. Aloe menyampaikan pihaknya telah mengerahkan...
MI/Reza Sunarya

Bupati Purwakarta Terima Anugerah Manggala Karya Kencana dari BKKBN

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 12:53 WIB
Bupati Purwakarta, Jawa Barat Anne Ratna Mustika menerima Anugerah Manggala Karya Kencana yang merupakan penghargaan tertinggi dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya